Rabu, 19 Jun 2019 17:04 WIB

Ketahui Penyebab Ring Piston Mengalami Keausan

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Depok - Ring piston pada mobil memiliki manfaat yang cukup besar terhadap performa mobil. Salah satunya untuk menjaga tekanan kompresi mesin.

Hal ini diungkapkan oleh Suwito penggawa Sekawan Motor yang terletak di Jl Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat. "Fungsinya besar, (ring piston) menjaga kerapatan piston dan dinding silinder, biar nggak ada kebocoran (campuran udara dan bahan bakar) kompresi," buka Suwito kepada detikcom, Selasa (18/06/2019).

Tak ayal bila komponen yang bentuknya seperti gelang ini rusak, maka beberapa efek pada mobil cukup terasa. Seperti performa berkurang, volume oli dan BBM yang boros, dan mengeluarkan asap putih ngebul ketika mobil tancap gas.



Memang pada umumnya, komponen ini bisa rusak karena dimakan usia. Namun pria yang pernah bekerja di bengkel resmi pabrikan Jepang ini mengatakan ada beberapa hal yang dapat mempercepat usia ring piston.

"Oli yang kurang bagus, membuat silinder bore-nya cacat juga bisa, terus jangka waktu mobil itu sendiri," kata Wito.

Kemudian telat mengganti oli juga penyebab ring seher mobil rusak. Karena oli menjadi hitam, kotor dan jenuh. Seperti memaksa oli yang sudah jadi ampas untuk tetap bekerja. Hal ini juga memperlambat sirkulasi piston.



"Terjadi penumpukan kerak atau kotoran di dalam sehingga ring piston tidak berkembang, atau juga seperti ini olinya berlumpur penuh jelaga," jelas Wito.

Terakhir ia menjelaskan asap putih yang keluar dari knalpot karena komponen ring piston sudah rusak, sehingga menyebabkan merembesnya oli dan masuk ke ruang bakar. Oli yang masuk ke ruang bakar akan menghasilkan asap putih yang dibuang melalui knalpot.

"Tanda lain ring piston rusak perfomanya kurang, olinya yang boros," kata pria yang pernah malang melintang di bengkel resmi ini.

Sebagai mekanik berpengalaman, Wito menyebut bila ring piston sudah mengalami kerusakan maka tidak ada cara lain untuk mengganti komponen ring piston dengan yang baru. "Kalau sudah begini, terpaksa overhaul," ujar Wito. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed