Selasa, 18 Jun 2019 20:56 WIB

Selain Boros BBM, Ini Gejala Lain saat Ring Piston Mobil Rusak

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Foto: Pool (Autotuningcars) Ilustrasi Foto: Pool (Autotuningcars)
Jakarta - Ring piston menjadi salah satu komponen dari mesin mobil yang masuk dalam kategori slow moving. Bila sudah rusak atau kehausan, ada beberapa tanda yang ditunjukkan pada mobil.

Hal ini diungkapkan oleh Suwito salah satu punggawa bengkel Sekawan Motor yang terletak di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat. Pertama Suwito mengatakan bila ring piston sudah mengalami kerusakan, tanda-tanda yang bisa terlihat bahwa performa mobil pun menurun dan menimbulkan polusi yang sangat tidak ramah di lingkungan.



"Tenaga yang loyo, membuat bensin juga lebih boros, bila digas knalpot akan mengeluarkan asap putih," terang pria yang akrab disapa Wito.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa bila ring piston mengalami kerusakan kompresi menjadi tidak normal ketika terdapat kebocoran. Kebocoran dapat menyebabkan kompresi mesin menurun sehingga tenaga yang dihasilkan berkurang.

Adapun tanda lain yang perlu diperhatikan yakni berkurangnya volume oli mesin. Asap putih yang keluar dari knalpot karena komponen ring piston sudah rusak sehingga menyebabkan oli rembes masuk ke ruang bakar. "Tanda lain ring piston rusak perfomanya kurang, olinya yang boros," kata pria yang pernah malang melintang di bengkel resmi ini.



Sebagai mekanik berpengalaman bila ring piston sudah mengalami kerusakan maka tidak ada cara lain untuk mengganti komponen ring piston dengan yang baru. Kalau sudah begini, terpaksa overhaul," ujar Wito.

Soal biaya, Wito mengatakan tidak bisa dipukul rata, ia perlu mengecek lebih lanjut apakah hanya ring piston saja yang rusak atau sudah mengenai piston atau silindernya. "Untuk jasa overhaul Rp 250 ribu," kata Wito. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed