Senin, 10 Jun 2019 17:57 WIB

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Dipakai mudik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pemudik Tiba di Jakarta. Foto: Lamhot Aritonang Pemudik Tiba di Jakarta. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Musim mudik hari raya Idul Fitri tahun ini sudah usai. Perawatan mobil tak hanya dilakukan sebelum berangkat mudik, tapi setelah tiba kembali ke kota asal mobil juga perlu diperhatikan.

Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah mobil dipakai mudik. Terlebih, perjalanan mudik-balik telah membuat mobil bekerja keras untuk menempuh jarak yang cukup jauh.



Setelah dipakai mudik, mobil sebaiknya dibersihkan luar dalam. Setelah beberapa hari di jalan, mobil biasanya akan kotor baik eksterior maupun interior. Terlebih jika mobil melewati genangan air atau telah diguyur hujan saat perjalanan mudik.

Di bagian dalam, bersihkan interior mobil dari kotoran-kotoran maupun sisa-sisa makanan. Di eksterior, selain bodi mobil, bagian kolong juga perlu dibersihkan dari lumpur atau tanah. Membersihkan mobil setelah dipakai mudik membuat mobil terlihat dan terasa lebih baik.

Hal lain yang perlu dilakukan setelah mobil dipakai mudik adalah cek kondisi oli dan cairan lainnya. Mungkin tingkat cairan di mobil berubah secara drastis selama perjalanan jauh. Periksa cairan yang ada di mobil seperti oli, air radiator, atau minyak rem. Jika kuantitasnya berkurang, segera isi. Atau jika kualitasnya memburuk, lebih baik diganti.



Periksa juga kualitas ban setelah dipakai perjalanan jauh. Pastikan bahwa ban memiliki tekanan udara yang tepat ketika sampai di rumah sebelum dipakai kembali untuk beraktivitas. Pastikan juga kondisi ban masih oke belum botak. Karena mungkin Anda melewati medan yang menantang sehingga membuat ban kendaraan botak. Jika sudah aus, sebaiknya ban segera diganti.

Jika diperlukan, lakukan servis reguler secara keseluruhan. Mesin dan filter udara bisa jadi kotor di jalan yang berdebu. Mengikuti jadwal servis reguler adalah cara paling efektif untuk merawat mesin kendaraan Anda dan menjamin umur panjangnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed