Minggu, 09 Jun 2019 19:07 WIB

Cara Aman Bawa Mobil Manual saat Arus Balik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Mengendarai mobil bertransmisi manual tak boleh sembarangan agar aman dan nyaman. Apalagi saat menaklukkan tanjakan dan turunan menggunakan mobil manual saat mudik maupun arus balik.

Ada beberapa tips menggunakan mobil bertransmisi manual yang benar, seperti dikutip laman resmi Auto2000. Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Jakarta Utara, perlakuan mobil manual dan matik berbeda. Terutama dalam hal pengoperasiannya.



Untuk mobil manual, kalau melintasi jalan menurun sebaiknya pengemudi mengoper ke gigi rendah seperti gigi dua atau tiga. Ini dilakukan agar terjadi engine brake yaitu pengereman yang dibantu putaran mesin sehingga mobil tidak meluncur karena ada efek tertahan dari kinerja mesin.

"Apalagi jika jalannya kosong dan menurun, untuk menghindari kecepatan tinggi maka jangan gunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju lebih kencang lagi ketimbang menggunakan gigi dua atau tiga," ujar Suparman.



Perhatian khusus juga perlu dilakukan saat menggunakan mobil manual di tanjakan. Sering kali pengemudi mobil manual melakukan setengah kopling ketika menanjak dan macet. Ini membuat komponen mobil tidak awet.

Jika jalan macet ditambah kondisi jalan menanjak, disarankan untuk tidak terlalu sering melakukan setengah kopling karena akan timbul bau seperti terbakar dan bisa menyebabkan masalah.

"Jika berhenti posisikan perseneling ke netral, jangan masuk gigi lalu menginjak pedal kopling, itu yang akan menimbulkan masalah. Kopling menjadi aus dan akan mengganggu perjalanan Anda," kata Suparman. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed