ADVERTISEMENT
Jumat, 07 Jun 2019 17:41 WIB

5 Hal yang Perlu Dicek Setelah Mobil Dipakai Mudik

Luthfi Anshori - detikOto
Bengkel mobil. Foto: Grandyos Zafna Bengkel mobil. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ritual mudik bakal segera berakhir. Pemudik pun akan menjalani arus balik di akhir pekan ini. Bagi mereka yang mudik dan balik pakai transportasi umum, tentunya tidak perlu memikirkan perawatan kendaraan. Tapi untuk mereka yang memakai kendaraan pribadi seperti mobil, wajib melakukan pengecekan.

Mengutip dari laman suzuki.co.id, ada 5 hal yang harus diperiksa para pemilik kendaraan setelah mobilnya dipakai perjalanan jarak jauh. Apa saja?


Pertama adalah eksterior dan interior. Digunakan dalam perjalanan jauh, mobil rentan terpapar lumpur, debu, dan noda yang menempel di bodi mobil atau lampu mobil. Maka itu, mobil harus segera dicuci setelah dipakai mudik.

Pembersihan eksterior mobil bisa dilanjutkan dengan pengecekan dan pembersihan interior mobil. Karena pada bagian interior, biasanya banyak ditemui kotoran dan sampah, seperti sisa remah makanan, bungkus makanan atau sampah-sampah lainnya.

Hal kedua yang perlu dicek adalah kondisi cairan radiator dan oli. Mulai dari radiator coolant, oli mesin, oli transmisi dan oli gardan. Tidak ada salahnya melakukan penggantian oli mesin lebih awal, apalagi jika mobil yang digunakan sudah berumur.


Dan cek juga kondisi coolant pada radiator, dan segera lakukan penambahan atau penggantian cairan jika sudah tidak baik lagi kondisinya.

Ketiga, cek ban dan kaki-kaki. Kaki-kaki seperti tie road, sokbreker menjadi bagian yang wajib dicek. Apalagi jika diketahui bahwa mobil sering melintasi lubang di jalanan rusak selama perjalanan. Setelahnya, pastikan kondisi ban juga dalam keadaan baik. Artinya, tekanan anginnya dalam kondisi ideal.

Keempat, cek busi dan saringan udara. Busi bisa mengalami penurunan kemampuan seiring dengan usia pemakaian, kinerjanya pun bisa juga turun karena digunakan dalam jangka waktu lama atau menghadapi jalanan macet selama berjam-jam.


Itulah sebabnya busi harus diganti jika sudah tidak layak, demi untuk menjaga performa mesin tetap prima. Sedangkan untuk saringan udara cukup dibersihkan atau jika ingin lebih maksimal bisa diganti dengan yang baru.

Terakhir, cek kondisi AC. Perangkat AC adalah perangkat kenyamanan yang tidak bisa lagi ditawar keberadaannya saat ini. Mengecek AC setelah perjalanan jauh menjadi suatu keharusan agar perangkat ini tetap bisa berfungsi optimal. (lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com