Selasa, 04 Jun 2019 17:27 WIB

Waktu Ideal Beristirahat Saat Mudik

Ruly Kurniawan - detikOto
Seorang pria menyetir mobil Foto: Hyundai Seorang pria menyetir mobil Foto: Hyundai
Jakarta - Beristirahat sejenak setelah berkendara cukup lama adalah hal penting. Apalagi saat periode mudik lebaran. Lantas, kapan kira-kira waktu beristirahat ketika mudik yang ideal?

Melansir laman resmi Hyundai Mobil Indonesia, beristirahat sebelum situasi peralihan siang ke malam (gelap ke terang atau sebaliknya) merupakan salah satu waktu ideal untuk beristirahat. Sebab otak dan mata butuh penyesuaian di saat itu.



Karena, saat kondisi gelap (berkendara di malam hari) mata akan dipaksa untuk menyerap lebih banyak sinar agar pandangan ke jalan tetap terpantau. Belum lagi kalau sempat terhadang macet, mata juga terpapar selama berkali-kali oleh lampu rem kendaraan.

Sehingga saat bertemu sinar matahari secara langsung atau tanpa istirahat terlebih dahulu, kinerja mata akan terganggu. Seperti perih, cepat ngantuk, dan membuat otot mata capek. Begitu pun sebaliknya.

Ketika sudah cukup lama berkendara di siang hari, sebelum matahari tenggelam sebaiknya beristirahat dahulu untuk membiasakan mata terlebih dahulu. Untuk beristirahat, disarankan dalam waktu sekitar 10-15 menit. Bisa dengan pejamkan mata, senam mata, atau melihat hal-hal berwarna hijau seperti hamparan sawah. Bisa juga dengan senam ringan.



"Memang benar beristirahat saat peralihan dari siang ke malam (atau sebaliknya) itu penting. Biar lebih mudah, pas-kan saja dengan waktu sahur dan berbuka puasa. Jadi jangan melakukan kegiatan tersebut di jalan, sebisa mungkin di rest area sembari beristirahat dan membiasakan otak dan mata dahulu (untuk peralihan waktu)," ucap Service Advisor Wuling Motors Desianto kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Jadi jangan memaksakan diri untuk berjam-jam mengemudi ya detikers, khususnya saat peralihan dari malam ke pagi hari.


(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed