Jumat, 31 Mei 2019 08:18 WIB

Jangan Asal Bawa Barang Banyak Saat Mudik!

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil berkonde. Foto: Agung Pambudhy Mobil berkonde. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sering kali bawaan saat mudik sangatlah banyak. Ragam pakaian, barang yang baru saja di dibeli, hingga macam-macam buah tangan masuk jadi satu di bagasi mobil dan sela-sela tempat duduk.

Tak sedikit juga yang menggunakan roof rail guna menambah tempat penyimpanan barang di mobil. Hal ini sah-sah saja, namun jangan sampai beban tersebut melebihi batas angkut mobil semestinya, ya.


Berbincang bersama detikcom, Service Advisor Wuling Motors, Desianto mengatakan setiap mobil memiliki batas angkut yang bisa dilihat di nomor ban. Tapi, tak semua penggunanya memperhatikan itu.

"Pakai roof rail itu sah saja, yang penting itu beban berat tak melebihi batasnya. Karena bila seperti itu akan ada risiko ban meledak, jadi tidak seimbang (oleng), dan sebagainya. Kan jadinya perjalanan mudik tidak menyenangkan," ucap dia di Posko Wuling Cirebon (Km 207), Jawa Barat, Kamis (30/5/2019).

"Kalau yang saya lihat seringnya itu orang bawa barang dan penumpang yang banyak aja tanpa memperhatikan batas angkut mobil mereka. Nah ini bahaya sebenarnya," lanjut Desianto.


Dirinya juga menyatakan bahwa batas beban mobil bisa dilihat pada kode ban. Kode tersebut ditulis bersama ukuran ban.

"Hal itu menandakan kekuatan ban sebenarnya. Sebab bila muatan terlalu berat, suspensi itu bisa menahan. Tapi bannya nih yang terbebani sehingga resiko tidak seimbangnya kendaraan sampai ban pecah jadi tinggi," tutupnya.



Tonton video Pemudik Membludak di Stasiun Gambir:

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed