Kamis, 30 Mei 2019 18:47 WIB

Siapkan Bahan Bakar Cadangan saat Mudik

Rizki Pratama - detikOto
Macet di jalur mudik. Foto: Agung Pambudhy Macet di jalur mudik. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Perjalanan mudik yang aman dan nyaman adalah harapan setiap orang agar bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga di kampung halaman. Hal tersebut bisa dicapai dengan persiapan yang matang dari hal kecil seperti ketersediaan bahan bakar.

Untuk perjalanan jauh masalah bahan bakar akan sangat mengganggu jika jarum pengukur mengarah pada titik habis. Terlebih lagi jika melewati jalan yang sangat sulit sekali menemukan penyedia bahan bakar.


"Kehabisan bahan bakar bisa disikapi dengan memahami konsumsi bahan bakar kendaraan memperhitungkan jarak yang akan ditempuh," ujar Instruktur Rifat Driver Labs, Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Kamis (30/5/2019).

Dengan perencanaan demikian dan memahami kebutuhan mobil dalam mengkonsumsi bahan bakar dapat ditemukan solusi seperti penambahan bahan bakar yang dibawa melalui wadah.

"Bawa bahan bakar cadangan dengan menggunakan jerigen khusus bahan bakar," tambah Andry.

Selain titik pengisian bahan bakar, titik peristirahatan juga perlu dikenali. Di tempat seperti ini juga biasanya ditemukan fasilitas pengisian bahan bakar atau paling tidak bisa meminta bantuan dari orang lain saat menghadapi situasi darurat seperti kehabisan bakar.


Tak lupa juga Andry menimpalkan agar tetap mengikuti informasi terkini melalui media seperti Radio atau lainnya khususnya di jalan yang sedang dilewati.

"Pelajari titik-titik rest area yang dapat dipelajari sebelumnya sesuai dengan jam istirahat di sela berkendara. Keep update di radio-radio lokal seputar info situasi tol," tutupnya. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed