Kamis, 30 Mei 2019 16:49 WIB

Yakin Mobil Siap Diajak Mudik? Ban Serep Jangan Lupa Dicek!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ban serep. Foto: detikOto Ban serep. Foto: detikOto
Jakarta - Libur lebaran segera tiba. Sebagian mungkin sudah mulai libur besok sehingga bisa langsung mudik ke kampung halaman. Sebelum mudik, harusnya persiapan matang sudah dilakukan. Mulai dari servis mobil sampai mempersiapkan barang bawaannya.

Pemudik yang menggunakan mobil pribadi memang disarankan untuk menservis mobil terlebih dahulu. Tapi, jangan sampai lupa satu komponen penting untuk dicek sebelum berangkat mudik. Yaitu ban serep.

Ban serep memiliki peran penting. Kalau ban yang terpakai sewaktu-waktu bermasalah di tengah perjalanan, pengendara bisa segera menggantinya dengan ban serep.



Mengingat peran penting ban serep, pemudik disarankan untuk mengecek kondisinya. Auto2000 melalui laman resminya memberikan saran pengecekan ban serep, salah satunya pengendara harus tahu lokasi ban serep mobil yang dipakai mudik.

Ban serep mobil berada di lokasi yang berbeda. Itu tergantung tipe mobilnya. Misalnya, Avanza dan Kijang Innova ban serepnya berada di kolong mobil. Atau, di Sienta dan beberapa model lain ban serep berada di bawah dek bagasi. Contoh lain Toyota Rush model lama yang ban serepnya ada di pintu bagasi belakang.



Ban serep ada beberapa jenis. Mobil yang menyimpan ban serep di kolong mobil biasanya ban cadangan memiliki ukuran sama dengan ban standar. Sementara ban serep yang diletakkan di bawah bagasi biasanya ukurannya lebih kecil dari ban standar karena untuk menghemat ruang penyimpanan. Ban serep yang disebut space saver itu hanya bisa digunakan sementara sampai ketemu bengkel perbaikan ban. Saat menggunakan ban jenis itu, kecepatan maksimalnya juga hanya 60 km/jam.

Sebelum mudik, pengendara disarankan untuk mengecek tekanan angin ban. Isi tekanan angin ban serep 5 Psi lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan.

Selanjutnya, cek kondisi fisik ban serep. Perhatikan kondisi telapak ban termasuk kondisi dinding ban.

Yang tak kalah penting adalah dongkrak dan kelengkapan ganti ban seperti kunci pembuka ban. Perangkat ini jangan sampai ketinggalan untuk perjalanan mudik. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed