ADVERTISEMENT
Rabu, 29 Mei 2019 18:10 WIB

Siap Mudik Pakai Mobil Pribadi, Sudah Tahu Posisi Sekring Mobil?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rifat Sungkar. Foto: Khairul Imam Ghozali Rifat Sungkar. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Libur lebaran tinggal menghitung hari. Beberapa orang bahkan sudah libur lebaran mulai besok, Kamis (30/5/2019). Jadi, mereka bisa berangkat mudik malam nanti atau Kamis besok.

Sebelum berangkat mudik, mungkin mobil detikers sudah dipersiapkan. Seperti disarankan sebelumnya, mobil sebaiknya diservis terlebih dahulu sebelum mudik sehingga perjalanan lebih nyaman. Meski begitu, pemilik mobil tetap harus mempersiapkan segala hal, salah satunya dengan melakukan pre-trip inspection yang meliputi berbagai persiapan, baik dari mobil, manajemen perjalanan, hingga persiapan diri sendiri.



Pereli nasional sekaligus founder RDL, Rifat Sungkar memberikan beberapa tips mengecek kendaraan. Yang perlu dicek sebelum berangkat mudik adalah semua cairan dan bagian elektrikal mobil.

"Jika Anda tidak terlalu memahami soal electrical, ada baiknya lakukan pengecekan ke bengkel untuk urusan electrical seperti sekring 30, sekring 20, dan sekring 10. Minimal Anda harus mengetahui posisi sekring tersebut ada di mana," ujar Rifat.

Kata dia, sekring sangat perlu diperhatikan karena tugasnya yang sangat penting bagi semua mobil. Sekring dapat melindungi mobil dari bahaya korsleting atau kebakaran. Sekring tersebut akan menjaga arus listrik pada kendaraan Anda agar tidak melebihi kebutuhan.



Selain elektrikal, Rifat menyarankan agar pemudik memperhatikan cairan di dalam mobil. Cairan bisa berupa oli maupun air.

"Saya mengimbau agar Anda mengganti oli terlebih dahulu. Gunakan oli yang telah direkomendasikan di buku servis kendaraan Anda karena rekomendasi tersebut adalah yang paling benar," ujar Rifat.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan adalah air radiator. Air adalah sumber tenaga yang didasari oleh suhu temperatur kendaraan. Jangan menuangkan air hingga batas tangki radiator yang paling tinggi.

"Alasannya adalah karena di dalam reservoir radiator ini, perlu ruang untuk bernapas. Gap antara air dengan tutup tangki adalah tempat bernapasnya uap air dari radiator," jelas Rifat.

Satu hal lagi dari cairan mobil yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan adalah air wiper. Air wiper akan sangat berguna jika Anda melintasi jalanan yang berlubang. Jika air wiper Anda tidak tersedia dan kaca mobil Anda terkena kotoran, malah akan sangat membahayakan karena visibilitas semakin terganggu karena kotoran yang sudah menyebar. "Sangat penting bagi Anda untuk mengisi air wiper, karena jika Anda tengah berkendara di kecepatan yang tinggi dan melewati jalan yang berkubang, akan sangat membahayakan," tambah Rifat. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com