Rabu, 29 Mei 2019 12:31 WIB

Tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Mobil Sedan

Ruly Kurniawan - detikOto
Sedan Honda Civic. Foto: Rangga Rahadiansyah Sedan Honda Civic. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Macam transportasi yang dapat dipilih saat mudik beragam. Khusus kendaraan pribadi, naik mobil keluarga sejenis MPV (Multiple Purpose Vehicle) adalah hal umumnya. Tapi tak sedikit juga yang gunakan sedan.

Nah detikers yang menggunakan sedan untuk mudik, ada beberapa hal yang patut diperhatikan nih. Selain mengecek kondisi mobil mulai dari tekanan angin ban, aki, hingga air radiator dan oli, serta memastikan e-Toll telah terisi, paling tidak ada 3 hal yang patut diperhatikan.



Sebagaimana keterangan resmi yang dibagikan komunitas Civic Turbonesia, perhatian pertama saat mudik menggunakan mobil sedan adalah memastikan jalan yang dilewati tidak bermasalah. Apalagi bila cukup sering melintas di jalanan kota atau non-tol.

Lipatan aspal maupun jalan beton yang pecah bisa menyebabkan pelindung oli serta arm mobil juga pecah (rusak) karena tergores ataupun terbentur. Sebab, ground clearance mobil sedan tidak setinggi kendaraan lainnya.



Selanjutnya perhatikan juga barang bawaan khususnya bagi detikers yang membawa oleh-oleh. Karena bagasi sedan umumnya tidak terlalu luas apalagi bila yang sudah menambah variasi audio. Jadi sebaiknya jangan bawa barang bawaan berlebihan karena membuat mobil lebih berat dan kurang stabil.

Terakhir, jangan abaikan safety driving. Carannya, tetap mengikuti rambu lalu lintas, menjaga konsentrasi berkendara dengan cara beristirahat, saling menghormati dengan sesama pengguna jalan, dan sebagainya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed