Selasa, 28 Mei 2019 12:33 WIB

Tiga Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mudik Pakai Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Robby Bernardi/detikcom Foto: Robby Bernardi/detikcom
Yogyakarta - Momen mudik lebaran segera tiba. Bagi detikers yang ingin pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi, tentunya harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Dijelaskan Koordinator Service diler Mitsubishi Borobudur Oto Mobil, Eko Budianto, ada tiga hal yang harus disiapkan pemudik yang ingin menggunakan mobil pribadi.



"Pertama yang perlu disiapkan adalah kondisi badan stamina. Sebab mudik itu akan menempuh jarak jauh, dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Jadi untuk saat mudik nanti, kalau memang sudah waktunya istirahat, jangan dipaksakan jalan. Walaupun hanya 15 sampai 30 menit kita istirahat itu membuat tubuh segar kembali," kata Eko kepada detikcom, di Yogyakarta.

Selain kondisi fisik pengemudi, hal yang wajib diperhatikan tentunya yakni kendaraan itu sendiri. Mobil yang akan dibawa perjalanan jauh, harus dalam kondisi yang sehat.



"Untuk pengecekan nggak harus ke bengkel. Pemilik mobil juga bisa lakukan pengecekan sendiri, Misalkan pengecekan air radiator, air wiper, filter udara, tekanan ban, dan cek kebocoran oli," lanjut Eko.

Terakhir yang perlu dipersiapkan pemudik adalah rencana perjalanan. "Ketahui dulu jalur mudik yang akan ditempuh. Kita harus tahu dulu medannya, kondisi lalu lintasnya, waktu-waktu crowded-nya kapan. Itu sangat penting, karena kalau kita kejebak di satu titik yang akhirnya bikin macet. Pasti membuat lelah berlebih, itu risikonya sangat tinggi saat kita berkendara, karena emosi akan tinggi," pungkas Eko. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com