Selasa, 28 Mei 2019 08:26 WIB

Jangan Sampai Mobil Overheat saat Mudik

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Sugeng Harianto
Jakarta - Kemacetan saat mudik menjadi satu hal yang biasa ditemui di jalan. Bayahanya, kemacetan dapat menyebabkan mobil mengalami overheat, atau panas mesin yang melebihi batas ukuran normal.

Tentu untuk menciptakan perjalanan nyaman, para pemilik mobil dapat melakukan tindakan pencegahan. Menurut Section Head Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Totok Yulianto, penting untuk memeriksa mobil di awal agar mobil terjamin dalam kondisi prima.



"Bawa ke bengkel dulu sebelum mudik, biar dicek semuanya. Makanya kita ada 23 item dicek mulai dari mesin sampai kaki-kaki sehingga mobil dalam kondisi prima," ungkap Totok.

Kemudian menyinggung kipas radiator, komponen ini berfungsi untuk mendinginkan radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan maksimal. Jika kipas tidak bekerja dengan maksimal, radiator pun akan mudah panas dan menyebabkan mesin gampang mengalami overheat.

"Oli mesin juga harus diganti kalau sudah waktunya diganti. Ganti dulu sebelum mudik. Kemudian sistem pendinginan motor AC Fan dicek agar tidak mengalami overheat," ujar Totok.

"Kondisinya rata-rata kalau mau overheat, AC-nya mati dulu. Artinya konsumen harus aware juga, bisa melihat indikator kondisi mesin," jelas Totok.



Terakhir, ia mengingatkan agar pemilik mobil tidak malas untuk mengecek dan mengganti air radiator.

Sebab air radiator bisa habis karena penguapan yang diakibatkan suhu mesin yang panas, bila tidak apik bisa juga karena adanya kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini akan menyebabkan sistem sirkulasi di radiator tidak bekerja maksimal.

Akhirnya air radiator menjadi sedikit, bahkan sampai habis, maka suhu di mesin tidak akan bisa didinginkan dan terjadilah mesin overheat.

"Coolant-nya juga memiliki waktu berkala untuk diganti, di kita tiap 40 ribu kilometer diganti. Kemudian dicek apakah radiator ada kebocoran atau tidak," ujar Totok.



Tonton juga video Layanan BPJS Kesehatan di Beberapa Titik Mudik Anda:

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com