Jumat, 24 Mei 2019 03:55 WIB

Hati-Hati Masuk Rest Area di Kanan Saat Satu Arah

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Ketika berada dalam rekayasa lalu lintas seperti contra flow orientasi berkendara dapat berubah seketika. Untuk jalur bebas hambatan posisi rest area berada di sebelah kanan dalam rekayasa lalu lintas.

Untuk masuk rest area di sisi kanan saat pemberlakuan one way yang rencananya akan dilaksanakan di Tol Trans Jawa akan lebih sulit daripada masuk rest area sebelah kiri yang lebih santai. Perlu diingat juga masuk area di sisi kanan berarti fungsi jalan keluar berubah menjadi jalan masuk, sebaliknya jalan masuk jadi jalan keluar.

"Berbahaya adalah rest area biasanya masuk di kiri santai. Ini bisa saja lebih patah karena masuknya dari pintu exit, bukan dari pintu masuk pompa bensin," ujar pereli nasional Rifat Sungkar di Jakarta.



Selain itu bahaya yang perlu diantisipasi saat masuk rest area dari sisi kanan adalah aturan lalu lintas yang mengatakan bahwa jalur sebelah kanan sebagai jalur cepat. Kondisi ini akan sangat berbahaya jika orang yang sedang mengemudi di sebelah kanan memasuki rest area di kanan saat perlakukan one way.

"Kalau biasanya kan slow in masuk dan kemudian mengikuti, ini kan jadinya masuk fast in," tutur Rifat.

Menurutnya hal ini perlu disosialisasikan lagi kepada pemudik. "Pemilik sistem harus bekerja sama memberikan edukasi ketika masuk rest area dengan kecepatan lebih tinggi, disorientasiini harus disampaikan melalui informasi," tutup Rifat. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com