Rabu, 22 Mei 2019 20:52 WIB

Mobil Hangus Terbakar Lebih Baik Diperbaiki atau Ganti Mobil?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta - Hangusnya mobil di Petamburan, Jakarta Pusat yang dibakar oleh orang tidak dikenal kondisinya cukup parah. Pemilik mobil dipastikan akan mengeluarkan kocek yang cukup besar, sebab perlu mengganti interior, body, hingga bagian mesin yang sudah terbakar.

Dalam foto terdapat salah satu model jenis Low MPV. Bila menaksir harga perbaikan bisa mencapai satu unit mobil baru.



"Biaya itu yang kebakar kalau total (hangus semua) hampir-hampir seperti beli mobil baru," ujar Service Head Auto2000 Krida Cilandak, Jakarta Selatan Rudi Ganefia kepada detikOto, Rabu (22/05/2019).

Pun demikian, dengan spare part seperti body mobil misalnya. Rudi mengungkapkan perlu memastikan apakah stok tersedia untuk pergantian unit.

"Begitu juga pesan body all, tidak selalu pesan ada (barangnya), harus ada jalur khusus (pemesanan terlebih dahulu)," ungkapnya.



Terkait perbaikan atau pergantian unit baru, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi menyarankan agar lebih baik pemilik mobil mengganti mobil, namun tidak harus baru tetapi sama dengan tahun keluaran yang sama.

"Sebenarnya kalau ingin dibangun kembali secara teknis bisa saja, cuma bila dilihat tidak efisien, baik dari konsumen ataupun dari pihak kami," ujar Supriyadi.

"Sebenarnya bisa, kalau ada yang request (di bengkel resmi), tetapi kami tidak merekomendasikan karena tidak efisien, baik dari konsumen ataupun dari pihak kami, asuransi saja, bila terbakar di atas 75 persen masuknya sudah TLO kan?," tambah Supriyadi. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com