Rabu, 15 Mei 2019 08:59 WIB

Mobil Jarang Digunakan, Perhatikan 5 Komponen Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Dewasa ini, mobil bukan lagi sebagai kendaraan angkut saja. Ada yang menganggapnya hobi, identitas atau ekspresi diri, hingga lainnya. Tidak sedikit juga yang melakukan sedikit modifikasi di mobil harian guna mempercantik tampilannya.

Namun di bulan Ramadhan ini, tidak jarang yang lebih memilih menggarasikan kendaraan roda empat kesayangan tersebut. Alasannya juga macam-macam. Tapi, jangan lupa bahwa semakin lama disimpan mobil juga punya ancaman tersendiri, lho.



Guna memudahkan detikers merawat mobil, paling tidak ada lima komponen penting yang patut diperhatikan. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir laman resmi Daihatsu Indonesia.

Pertama, adalah Aki. Ini adalah komponen penting yang ada di mobil, yang merupakan pusat dari kelistrikan. Semua fungsi lampu hingga pembakaran awal mobil tidak akan berkerja bila bagian ini bermasalah.

Tanpa listrik dari Aki, mobil memungkinkan untuk tidak bisa menyala. Jadi, jangan sampai bagian ini luput untuk diperhatikan. Paling tidak panaskan mobil minimal satu kali dalam seminggu selama 15 menit.

Setelah itu, ada sistem pendingin. Bagian ini berfungsi untuk menyerap panas pada mesin mobil yang sudah berkerja keras. Adanya pendingin ini, mobil bisa berkerja dengan maksimal sejauh apa pun jaraknya.

Maka ada baiknya untuk perhatikan bagian ini saat mobil jarang digunakan. detikers bisa lakukan dengan perhatikan bagian radiator mobil.



Bagi detikers yang ingin menyiapkan mobil untuk digunakan dalam jarak cukup jauh setelah lama tak digunakan, perhatikan juga bagian transmisinya. Cara merawatnya, cukup dengan rutin mengganti oli transmisi secara berkala. Jangan kelewatan! Sebab penyakit transmisi tidak main-main lho, bahkan bisa berdampak pada kerusakan-kerusakan pada komponen lainnya.

Bagian mobil paling penting nomor empat adalah suspensi. Kaki-kaki mobil adalah bagian yang tidak kalah penting. Apalagi bila jalanan yang biasa dilalui tidak rata dan berlubang. Sebab sejatinya, suspensi berfungsi untuk meredam guncangan dan getaran sehingga berkendara jadi nyaman.

Terakhir dan tidak boleh terlewat adalah ban. Ban adalah komponen yang paling pertama bersentuhan dengan jalan. Kinerja dan beban bagian ini tidak main-main. Bahkan, ban merupakan tameng pertama dari sebuah mobil.

Tekanan ban yang terlalu berlebih dan gembos tidaklah baik. Jadi, coba perhatikan tekanan ban sebelum mobil benar-benar digunakan kembali. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com