Senin, 06 Mei 2019 08:57 WIB

Cara biar Berkendara Saat Puasa Tak Ngantuk

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: GEM Motoring Assist Foto: GEM Motoring Assist
Jakarta - Mulai hari ini umat Islam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun, ibadah puasa tak menjadi alasan seseorang untuk tidak beraktivitas. Aktivitas normal tetap dilakukan seperti hari-hari biasanya. Juga aktivitas berkendara.

Tapi, biasanya kantuk di siang hari sering menyerang saat berpuasa. Sebab, selama bulan puasa kerap kali siklus tidur berubah karena harus bangun lebih pagi untuk santap sahur. Padahal, berkendara harus penuh konsentrasi tak boleh mengantuk.



Melansir laman resmi asuransi Garda Oto, ada beberapa tips untuk memerangi kantuk agar berkendara saat puasa lebih aman. Pertama, detikers bisa bernyanyi lagu favorit. Tapi, pilih lagu yang tidak bikin mengantuk. Cari lagu yang mudah untuk membuat bernyanyi supaya berkendara tidak lagi mengantuk. Bisa juga melakukan gerakan kecil yang mengikuti irama lagu.

Cara selanjutnya adalah mengobrol dengan orang lain di dalam mobil. Cara ini kerap membantu pengendara mobil agar tidak mengantuk saat menyetir. Apalagi kalau topik obrolannya menarik serta cukup hangat dan santai.



Kemudian, lakukan stretching. Diam atau melakukan aktivitas statis sering menjadi faktor munculnya kantuk saat berpuasa. detikers bisa melakukan olahraga kecil dari balik kemudi, bisa dengan stretching ringan dengan menggerakkan tubuh ke kanan dan ke kiri. Mungkin cara ini bisa dilakukaan saat macet atau di lampu merah.

Kalau melakukan perjalanan jauh, beristirahatlah segera kalau kantuk sudah sangat menyerang. Pilih tempat istirahat di rest area yang aman untuk beristirahat. Kalau bisa, lakukan power nap di siang hari untuk segera mengembalikan kesegaran tubuh. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed