Jumat, 03 Mei 2019 07:40 WIB

Kalau Mobil Jarang Dipakai, Ban Sebaiknya Dilepas

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Newspress Foto: Newspress
Jakarta - Entah karena alasan tertentu terkadang mobil kesayangan harus mendekam di garasi berbulan-bulan. Jika dibiarkan terpasang dan tidak dikendarai dalam waktu yang lama kemungkinan besar ban tidak bundar lagi.

Sebaiknya anda melepas ban dan menyimpannya di tempat aman jika memang tidak digunakan dalam waktu lama. Masalah yang akan dihadapi jika membiarkan ban terpasang tanpa dikendarai adalah kebulatan ban yang berkurang.


"Ban kan bundar, begitu mobil didiamin sampai 2-3 bulan itu yang menahan beban cuma satu sisi saja," kata Sales Executive Goodyear Indonesia, Andreas Sendie dalam konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2019).

Andreas mengatakan minimal kendaraan yang tidak akan dikendarai selama satu bulan untuk dilepas terlebih dahulu.

"Begitu sudah lama, ban tidak bundar lagi karena yang kena beban di sana aja, sebulan ke atas mendingan mobil didongkrak bannya dicopot," lanjut Andreas.


Dalam kesempatan tersebut juga sendie mengingatkan pentingnya menjaga tekanan angin ban. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi dari kurangnya tekanan angin adalah ban mengalami benjol dan robek

"Ban itu banyak rusak atau benjol biasanya karena tekanan angin kurang. Ketika angin kurang bibir velg bisa menggigit ban itu yang bikin ban robek, dalamnya robek, di luar bannya benjol," tukas Andreas. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed