Rabu, 17 Apr 2019 21:10 WIB

Jangan Taruh Pengharum Mobil di Depan Grille AC!

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi peletakkan AC mobil. Foto: Pool (Bornrich) Ilustrasi peletakkan AC mobil. Foto: Pool (Bornrich)
Jakarta - Seringkali kita menemukan pengharum mobil yang diletakkan persis di depan grille AC. Dengan begitu, selain udara sejuk yang keluar wewangian harum parfum mobil pun turut menyebar.

Anggapan bahwa meletakkan pengharum mobil di depan grill AC adalah langkah yang tepat itu ternyata keliru. Mengutip dalam situs Daihatsu Indonesia, Rabu (17/4/2019) bahan kimia yang dikandung produk parfum mobil mempunyai sifat yang dapat merusak plastik grille AC. Semakin sering diletakkan di sini dapat mengakibatkan grille AC menjadi getas kemudian patah atau hancur.


Supaya tak patah sampai hancur, cara paling aman untuk menempatkan pengharum mobil adalah dengan menaruhnya jauh dari komponen interior yang terbuat dari plastik, misalnya di bawah jok depan.

Untuk pengharum mobil berjenis cairan, pastikan bahwa tutupnya telah terpasang rapat dan tidak ada kerusakan (sobek) pada bagian sabut penyerap cairannya. Sebaiknya Anda letakkan di atas dashboard dengan menggunakan double tape, karena apabila tumpah dapat merusak karpet dasar dan peredam lantai mobil.


Untuk pengharum mobil yang sudah dilengkapi tali karet untuk digantung dapat Anda gantungkan di cermin spion tengah. Jangan digantungkan pada safety belt ya, karena dapat merusak cover plastiknya. Mobil tetap wangi semerbak, panel-panel plastik interior mobil tetap awet dan tidak mudah rusak. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com