Rabu, 17 Apr 2019 15:54 WIB

Libur Pemilu Mau Cuci Mesin Mobil? Perhatikan Ini Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mesin Suzuki Ertiga. Foto: Rifkianto Nugroho Mesin Suzuki Ertiga. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu luang usai nyoblos di hari libur Pemilu 2019 ini. detikers bisa memanjakan kendaraan kesayangan.

Selain mencuci mobil bagian luar, detikers juga bisa membersihkan mesin mobil sekali-sekali, mumpung libur. Soalnya, bagian mesin mobil biasanya terdapat debu yang bisa masuk lewat celah kecil. Kalau dibiarkan debu bisa-bisa terus tertumpuk bikin mesin jadi kotor.



Melansir dari laman Suzuki, dampak mesin kotor ternyata cukup besar. Tak cuma tidak enak dipandang, debu yang memenuhi area mesin bikin performa mesin tidak optimal, bahkan rentan merusak komponen kelistrikan.

"Tapi harus diingat juga, membersihkan mesin mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda harus paham jika di area mesin terdapat juga beberapa komponen kelistrikan yang rentan korslet, baik itu sekring, pin sambungan kabel, ECU dan area kelistrikan lainnya," tulis laman Suzuki.



Ada beberapa cara aman membersihkan mesin mobil. Pertama, cari tahu area kelistrikan yang rentan alau terkena air. Kalau sudah tahu, lindungi area itu dengan dibungkus pakai plastik.

Setelah itu, siram mesin pakai air bertekanan rendah untuk menghilangkan debu di bagian mesin. detikers juga bisa memanfaatkan cairan engine degreaser untuk merontokkan kotoran membandel.

Manfaatkan juga sikat halus untuk membersihkan permukaan mesin. Atau, untuk bagian yang sulit dijangkau bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Setelah dibersihkan, bilar area mesin pakai air bersih untuk menghilangkan sisa kotoran sekaligus membilas area mesin yang habis dicuci.

Kalau punya kompresor angin bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa air. Untuk menghindari timbul kerak atau waterspot, diamkan mobil dengan keadaan kap mesin terbuka selama 2-3 jam. Jangan lupa lepaskan kembali plastik yang melindungi komponen listrik.

"Sebaiknya proses pencucian ini dilakukan di ruang terbuka, tapi tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar tidak merusak cat mobil. Setelah kering sempurna, nyalakan mesin mobil sambil mengecek semua komponen yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, dari mulai headlamp, lampu sein, lampu hazard, lampu rem, klakson, dan bagian lainnya," tulis laman Suzuki. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed