Selasa, 02 Apr 2019 19:45 WIB

Bau Rokok Dalam Kabin Mobil, Sulit Dihilangkan?

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Merokok dalam kabin mobil Foto: Carbuyer Ilustrasi Merokok dalam kabin mobil Foto: Carbuyer
Jakarta - Kebiasaan menghisap asap rokok di dalam kabin mobil bakal meninggalkan bau tak sedap yang khas, dan tentunya tidak membuat nyaman penumpang. Ternyata untuk membersihkan mobil yang sudah tercemar asap rokok prosesnya tidak semudah membalikan tangan.

"Bau asap rokok sulit dihilangkan, namun pembersihan yang dilakukan secara bertahap dan terus menerus pada akhirnya akan membuat bau tersebut memudar. 80 persen dari mobil yang saya kerjakan berhasil menghilangkan bau, setelah melakukan deep cleaning," ujar Head Detailing Jeremy Martins dari Midtown Honda of Toronto seperti dikutip dari Autoguide.



Sebagai orang yang sudah berpengalaman di bidang auto detailing, Martins menjelaskan bahwa bau yang ditimbulkan dari asap rokok akibat partikel yang menempel di celah-celah interior kendaraan. Ia menyebut 20 persen tersebut adalah mobil yang mustahil untuk dihilangkan, biasanya terjadi pada pemilik kendaraan tidak apik dalam merawat mobil.

Dalam catatan Autoguide disebutkan bahwa kotoran dari asap rokok lebih sulit dibersihkan pada bahan jok yang berbahan kain dibandingkan kulit. Apabila sudah terlalu parah disarankan lebih baik untuk menggantinya.



Adapun cara sederhana yang dapat dilakukan pemilik mobil untuk menghilangkan nikotin dan zat berbahaya lainnya dari asap rokok, yakni menggunakan cuka putih. Dijelaskan bahwa cuka putih adalah langkah awal untuk menyerap bau dan residu asap permukaan yang tertinggal di kursi, dashboard, serta celah dan celah kecil yang sulit dijangkau.

Caranya dengan meletakkan cangkir cuka putih segar di cup holder dan satu gelas lainnya di lantai mobil. Pastikan semua jendela tertutup rapat dan biarkan mobil dalam kondisi ini selama satu hari atau lebih.



Setelah itu bersihkan bagian interior mobil dengan cairan pembersih hingga debu dan kotoran tak lagi menempel, lebih baik lagi menggunakan vacuum cleaner agar lebih maksimal. Tak lupa mencuci karpet mobil. Filter kabin juga perlu diganti agar tidak ada lagi bau tak sedap yang menempel pada kendaraan.

"Menyeka semua permukaan interior yang terbuka dengan pembersih permukaan dengan formula yang memecah enzim akan dengan cepat menghapus residu permukaan dan memberikan lapisan pelindung, " kata Rick Nercesian, pemilik Rick's Professional Auto Detailing di Haverton, Pennsylvania.

Memang bagi yang malas melakukannya, cara jitu untuk mengilangkan debu dan bau nikotin, hanya dengan mencuci melalui salon mobil. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed