Minggu, 31 Mar 2019 13:14 WIB

Posisi Nyetir Paling Ideal, Keluarkan Isi Kantong

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Garda Oto Foto: Garda Oto
Jakarta - Produsen mobil asal Inggris, Jaguar, merilis sebuah video yang menjelaskan posisi mengemudi yang ideal dalam berkendara. Posisi mengemudi ini tidak hanya meningkatkan nilai ergonomis tetapi juga memaksimalkan keamanan serta kontrol yang baik.

Meskipun Anda sudah merasa nyaman dengan posisi yang biasa Anda buat saat berkendara, belum tentu posisi tersebut cukup baik. Chief Medical Officer Jaguar, Steve Iley menjelaskan posisi yang sempurna untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.



Hal pertama yang perlu dipastikan saat berkendara adalah memastikan untuk mengosongkan isi kantong celana. Kantong yang terisi, apalagi membuat celana sempit akan mengganggu kenyamanan saat mengemudi. Keluarkanlah benda yang memenuhi saku Anda seperti handphone atau dompet dan letakkan di kompartemen mobil.

Selanjutnya, penting untuk memastikan bahwa bokong Anda di posisikan menempel pada sisi terdalam jok. Setelah itu buatlah posisi punggung yang lurus dengan menegakkan sandaran kursi hingga 90 derajat berbanding dengan tempat duduk sebagai acuan. Selain itu, bagian atas sandaran kepala dan bagian atas kepala Anda harus berada pada posisi yang setara.



Lutut dan siku Anda harus sedikit ditekuk untuk mengendalikan pedal dan setir. Saat Anda memutar setir, bahu Anda masih harus menyentuh bagian belakang kursi. Untuk posisi kaki usahakan kurangi lipatan dan buat kaki lebih rileks dengan sedikit berselonjor.

Dengan mengaplikasikan kiat ini dalam mengemudi Anda dapat merasakan perubahan drastis dalam mengendalikan mobil, kenyamanan, dan kepercayaan diri Anda di balik kemudi. Selamat mencoba.

[Gambas:Youtube]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed