Senin, 04 Mar 2019 09:00 WIB

Modifikasi Mobil yang Ideal Untuk Ngedrift

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Teknik drifting merupakan aksi hiburan yang menampilkan mobil 'ngesot' dengan miring. Beberapa tahun belakangan ini aksi akrobatik ini semakin ramai pencintanya bahkan dilombakan secara profesional.

Untuk Otolovers jika sungguh-sungguh ingin menguasai teknik ini hingga ke tingkat pro perlu menyesuaikan kendaraan agar mendapatkan pengalaman drifting yang memacu adrenalin. Bagian kaki-kaki menjadi sorotan utama untuk memaksimalkan teknik drift di atas lintasan.



"Setupnya beda memang jadi untuk mobil drifting angle sama caster harus banyak dan itu memang harus dimodifikasi antara mobil biasa sama mobil drifting," ujar Pereli Indonesia, Rifat Sungkar yang turut serta di drifting practice dalam acara Millennial Road Safety Festival bersama Korps Lalu Lintas Polri, Minggu (3/3/2019).

Dengan konfigurasi seperti itu saat mobil mencapai kemiringan tertentu tidak akan menyebabkan mobil berbalik arah. Saat sliding mobil akan melaju ke arah yang depan tanpa membuat mobil memutar dan berbalik arah sehingga menghentikan drift.

"Karena begitu dia sliding membutuhkan angle ketika anglenya patah dia lebih bertahan supaya nggak balik arah," lanjut Rifat.

Meskipun demikian Rifat mengatakan semua mobil saat ini sudah bisa digunakan untuk latihan drift. Namun untuk yang lebih advance dan kompetitif modifikasi sangat direkomendasikan. "Sekarang mobil biasa sudah bisa untuk latihan drifting tapi untuk drifting sebenarnya agak susah karena mobil lebih patah sehingga balik arah karena nggak tahan ban depannya," kata Rifat.

Dikarenakan drift pada dasarnya adalah teknik mengendalikan mobil, bagian kaki-kaki lain yang tak kalah penting untuk disesuaikan adalah ban. Ukuran ban ada baiknya disesuaikan dengan tenaga mesin. Semakin kuat tenaga mobil dianjurkan menggunakan ban berukuran besar.

"Kalau untuk ban itu lebih ke arah ukurannya, mobil tenaga gede pakai ukuran 18-265 sedangkan mobil tenaga kecil 15-195. Jadi pakemnya itu di ukuran ban, bukan keras atau lunaknya," tukas Rifat.

Tonton juga Aksi Drift di Polda Metro Jaya

[Gambas:Video 20detik]






(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed