ADVERTISEMENT
Kamis, 07 Feb 2019 07:10 WIB

Masih Zaman Isi Bensin Sambil Goyang-goyang Mobil?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Ada beberapa perilaku unik pengendara mobil yang tidak lazim dilakukan. Salah satunya adalah menggoyang-goyang mobil saat mengisi bahan bakar.

Bagi mereka yang suka melakukan itu, biasanya alasannya bahwa dengan menggoyang-goyangkan mobil maka tangki akan lebih cepat terisi, atau tangki akan terisi penuh secara maksimal. Sebab dengan menggoyang tangki, udara yang tertahan akan segera keluar.

Lantas, benarkah anggapan tersebut untuk mobil-mobil zaman sekarang?



Menurut Koordinator Eksekutif Technical Service PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, sebenarnya pengendara mobil tidak perlu menggoyang-goyang bodi mobil jika tujuannya seperti itu.

"Karena dalam bahan bakar sendiri itu ada sistem pernapasan. Yang artinya, ketika bensin diisi, kalau ada udara terjebak di bawahnya dia akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu digoyang," kata Anjar, saat dihubungi detikOto, Rabu (6/2/2019).



Anjar menambahkan jika ada udara yang terjebak dalam tangki mobil, maka akan keluar dengan sendirinya setelah nozzle diangkat.

"Misal ketika teman-teman ngisi, terus kan biasanya gaslift berhenti. Itu artinya dia ketahan sama udara kan. Setelah (nozzle) diangkat, otomatis kan udaranya keluar. Tanpa digoyangin, level bensinnya akan menyesuaikan sendiri," pungkas Anjar.

Jadi, sebenarnya tak perlu lagi goyang-goyangkan bodi mobil saat mengisi BBM.



Simak juga video 'Alasan Kenapa Bau Bensin Enak!':

[Gambas:Video 20detik]


Masih Zaman Isi Bensin Sambil Goyang-goyang Mobil?
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com