Selasa, 22 Jan 2019 18:38 WIB

3 Hal yang Harus Diperiksa Saat Membeli Mobil Bekas

Luthfi Anshori - detikOto
Pengecekan kondisi mobil Foto: Luthfi Anshori Pengecekan kondisi mobil Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Mobil bekas jadi pilihan menarik bagi calon konsumen yang ingin punya mobil impian, namun dengan harga yang miring. Membeli mobil jenis ini dapat menjadi pilihan tepat ketika calon pembeli memahami betul kondisi mobil yang akan dibeli.

Untuk menjadi pembeli cerdas, calon pembeli perlu tahu kondisi mobil yang ingin dibeli secara detail. "Pengecekan atau inspeksi pada mobil ini penting dilakukan untuk mencegah kerugian di kemudian hari," ujar Direktur Marketing & CTx OLX Agung Iskandar, di Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2018).

Hal pertama yang bisa dicek adalah mengenai kelengkapan surat - suratnya. Dokumen seperti STNK, BPKP, dan faktur penjualan harus ada.

Sementara poin kedua dan ketiga yang perlu diperiksa berkaitan dengan fisik mobil, yakni meliputi kondisi eksterior dan interior.




Dari sisi eksterior, bisa diteliti apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak. "Pertama cek sealer pintu, cek pilarnya, dan cek bagian kolong apakah ada bekas goresan atau tidak," ujar CEO OtoSpector Jeffrey Andika.

Selain itu yang perlu dicek lagi dari bagian eksterior adalah area mesin dan area kaki-kaki seperti shockbreaker, kampas rem, ban, serta kondisi cat di permukaan bodi.

Lanjut ke bagian interior, calon pembeli perlu mengecek kabinnya, apakah mobil bekas terendam banjir atau tidak. Jika pernah kena banjir bau kabin pasti bakal tidak sedap.

"Kalau di OtoSpector, petugas biasanya akan memeriksa sekitar 150 poin titik dengan pengecekan dalam waktu 30 menit," kata Jeffrey.



Kerjasama OLX dan OtoSpector

Sementara itu situs jual beli online OLX resmi menghadirkan Layanan Inspeksi Mobil untuk memudahkan calon pembeli mengetahui kondisi mobil yang akan dibeli. Layanan ini merupakan kolaborasi antara OLX dengan penyedia layanan inspeksi mobil profesional, OtoSpector. "Kami yakin OtoSpector adalah mitra yang tepat dalam menyediakan servis inspeksi mobil," kata Agung Iskandar.

OtoSpector memiliki tim profesional dalam melakukan pengecekan pada mobil. Selain itu, layanan ini juga memberikan garansi dan Iaporan secara online yang mudah diakses calon pembeli.

CEO OtoSpector Jeffrey Andika mengatakan bahwa, tujuan dari kerjasama antara OLX dan OtoSpector adalah untuk membantu pengguna OLX yang ingin membeli mobik bekas.

Di sisi lain, pengguna OtoSpector pun dapat mencari mobil impiannya melalui platform jual beli otomotif online ini. "Pada saat melakukan pengecekan, banyak titik atau komponen yang perlu dilihat untuk mengetahui kondisi sebuah mobil," terang Jeffrey.

"Inspektor kami akan melakukan pengecekan di lebih dari 150 titik yang ada pada mobil. Artinya. pengecekan meliputi hampir seluruh bagian pada mobil," tambah Jeffrey.

Hal Iain yang ditawarkan OtoSpector melalui OLX adalah garansi. Jeffrey mengatakan, bagi pengguna OLX, jika hasil inspeksi mobil dinyatakan dalam kualitas baik, maka pengguna berhak mendapatkan Garansi OtoSpector. Garansi ini memberikan perlindungan dan jaminan perbaikan bagi mesin kendaraan secara gratis selama 3O hari.

"Dengan adanya Iayanan ini, pengguna tidak perlu khawatir sebelum membeli mobil bekas di OLX. Pengguna akan dapat banyak keuntungan setelah menggunakan Layanan Inspeksi Mobil," terang Jeffrey.

Adapun hal-hal yang bisa diketahui adalah apakah mobil pernah terendam banjir, apakah mobil pernah tabrakan, apakah mobil pernah rekondisi atau dimodifikasi, bisa membantu mengambil keputusan dalam membeli mobil bekas, dan bisa memiliki tambahan referensi untuk negosiasi harga.

"Saat ini, Layanan Inspeksi Mobil hanya tersedia di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Banten. Namun ke depannya. Kami berharap dapat menghadirkan layanan ini untuk masyarakat yang lebih luas, sehingga pengguna OLX di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaat dari Layanan lnspeksi Mobil ini," tutup Agung. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed