Selasa, 22 Jan 2019 15:56 WIB

Beli Mobil Bekas Online? Simak 4 Hal Ini Biar Tak Kena Tipu

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Mobil bekas atau second hand, kerap jadi alternatif konsumen yang menginginkan mobil impian, namun dengan harga terjangkau. Selain bisa mendatangi sejumlah showroom mobil bekas, calon konsumen mobil bekas saat ini juga dimanjakan dengan banyaknya market place online yang menjajakan produk otomotif, seperti mobil bekas.

Berbeda dengan membeli mobil bekas di showroom, saat membeli mobil bekas secara online, konsumen perlu tahu cara amannya agar tidak mudah tertipu penjual nakal.

Dijelaskan Agung Iskandar Direktur Marketing & CTx OLX, ada 4 hal yang harus diperhatikan calon pembeli mobil bekas ketika ingin membeli mobil bekas di situs online.
Beli Mobil Bekas di Situs Online? Simak 4 Hal Ini Biar Tak Kena TipuFoto: Luthfi Anshori

"Yang pertama harus dilakukan adalah lihat iklan, dan cek harganya. Masuk akal nggak. Kalau harganya terlalu murah atau di bawah pasaran, itu wajib dicurigai," ujar Agung, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).



Hal kedua yang bisa dilakukan konsumen adalah meminta informasi tambahan kepada si penjual. "Minta lagi foto-foto mobilnya dari angle lain. Kalau mobil itu benar-benar miliknya, pasti si penjual bisa mengirim foto-foto tersebut lebih cepat," terang Agung.




Ketiga, calon konsumen mobil bisa meminta kepada penjual untuk inspeksi langsung mobilnya. "Bisa minta langsung ke penjual. Saya inspeksi mobilnya langsung boleh nggak," lanjut Agung

Terakhir yang perlu diwaspadai adalah jika si penjual meminta calon pembeli untuk transfer uang muka. "Kalau penjualnya minta transfer langsung uang muka sebagai tanda jadi itu perlu dihindari. Biarpun dia beralasan, mobilnya sedang diincar oleh pembeli lain," pungkas Agung. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com