Sabtu, 19 Jan 2019 09:29 WIB

Cara Mencuci Mesin Mobil yang Benar

Luthfi Anshori - detikOto
Mesin kinclong seperti ini kan asyik (Foto: Ari Saputra) Mesin kinclong seperti ini kan asyik (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Meski area mesin mobil tertutup, itu tidak menghalangi debu dan kotoran menempel di bagian tersebut. Debu bisa masuk ke area mesin melalui grille depan dan celah bawah mesin yang biasanya tanpa pelindung.

Jika area mesin sudah terlihat kotor, tentunya wajib dibersihkan. Tapi membersihkan area mesin mobil nggak boleh sembarangan nih Otolovers. Karena banyak part kelistrikan yang berpotensi korsleting jika terkena air.



Menurut Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, saat membersihkan mesin mobil, disarankan tidak menggunakan air bertekanan tinggi. "Itu untuk menghindari air masuk ke sistem kelistrikan," kata Anjar, kepada detikOto.

Tapi bukan berarti tidak boleh menggunakan air untuk membersihkan area mesin mobil ya Otolovers. Menurut Anjar boleh saja membersihkan area mesin mobil menggunakan air. Hanya saja, caranya harus tepat.



"Cukup disiram menggunakan air selang yang mengalir. Setelah itu, lap menggunakan kain bersih," terang Anjar. Lantas bagaimana dengan bagian kelistrikan seperti aki? Apakah perlu diberi pelindung?

"Nggak perlu kalau hanya sekedar disiram. Pastikan saja semua koneksi kabel terpasang sempurna (terklik) dan area filter udara juga tertutup sempurna," pungkas Anjar. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed