Minggu, 13 Jan 2019 08:45 WIB

Hindari Pencurian di Parkiran Mal, Jangan Lupa Foto Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Parkir mobil. Foto: Rachman Haryanto Parkir mobil. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kasus pencurian barang berharga terjadi di parkiran mal Kemang Village, Jakarta Selatan, pada hari Kamis (10/1/2019). Hal ini dialami oleh Bonita Rachel. Ia kehilangan 2 buah laptop MacBook, setelah Honda Jazz miliknya dibobol.

Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi parkiran mal Kemang Village. Menurut Bonita berdasarkan pengakuan pihak security parkiran mall Kemang Village, ternyata banyak juga pemilik mobil yang menjadi korban pencurian.



Memetik hikmah dari peristiwa itu, sebelumnya Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, membagikan tips untuk memerhatikan lokasi parkir, dan melakukan tindakan preventif dengan memberi kamera tambahan pada mobil.

Lebih lanjut, Ketua Komunitas Konsumen Indonesia David Tobing mengingatkan agar pemilik kendaraan memfoto kendaraan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sedapat mungkin setelah parkir itu memfoto mobil dan mobil di sebelahnya gunanya biar tahu dan kadang suka lupa letaknya, kedua biar tahu kalau mobil kita misalnya terserempet dari mana bisa dilacak dari mobil kanan atau sebelah kiri," ujar David Tobing kepada detikOto.

Tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan pemilik mobil dengan memastikan tidak meninggalkan barang berharga seperti dompet, laptop bahkan dokumen penting di dalam mobil.



"Harus dibawa, kalaupun di dalam mobil masalahnya kalau ada bagasinya masih lebih bagus seperti mobil sedan," ungkap David.

"Jangan meninggalkan karcis parkir atau STNK ditinggal di dalam mobil," tambahnya.

Terakhir David mengingatkan kepada masyarakat bahwa ada hal penting sebelum keluar gedung parkir, karena kalau pemilik mobil baru menyadari kehilangan barang setelah di luar gedung parkir maka argumennya akan lemah di hadapan tertuduh.

"Bisa saja pengelola beranggapan barang tersebut hilang di luar gedung parkir dan bukan merupakan tanggung jawabnya," pungkas David. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com