Senin, 24 Des 2018 13:30 WIB

Deteksi Mobil Bekas Terendam Tsunami, Perhatikan Hal Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Bencana tsunami tidak hanya menimbulkan kerugian pada bangunan rumah tetapi juga kerusakan pada kendaraan seperti mobil. Bagi mobil yang rusak parah mungkin masih bisa membedakan lewat kasat mata seperti eksteriornya yang penyok.



Tetapi untuk mobil yang sudah terendam total, setelah diangkat dan dibersihkan bagaimanakah membedakannya? Tak jarang bagi pemilik mobil tak mau repot, akhirnya menjual ke diler mobil bekas.

Seperti yang disampaikan Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi untuk bisa membedakan mobil bekas terendam tsunami perlu ketelitian yang lebih bagi pembeli.



"Sebenarnya mengandalkan ketelitian pembeli, karena yang namanya mobil kerendem banjir baik karena hujan atau air laut itu kan pasti area-area seperti mesin berpotensi kena karat juga kan, artinya dilihat saja dari material logam dan besi yang susah dibersihkan, seperti di dalam ruang mesin, dashboard, atau pilar-pilar bodi mobil itu bisa di lihat juga," ungkap Anjar kepada detikOto.

Lebih lanjut kandungan garam yang ada pada air laut bisa mempercepat korosi khususnya pada material plat besi atau logam yang sebagian besar ada di mobil.

"Kalau ada karat atau korosi bisa juga menjadi indikasi mobil sudah pernah terendam air laut, jadi jangan lihat kaki-kaki saja, karena posisinya memang pasti terciprat air kan," ungkap Anjar.

Anjar juga menjelaskan umur mobil yang terbilang muda namun sudah banyak pilar-pilar mobil yang mulai berkarat patut dicurigai pernah terendam air, khususnya lantai dasar mobil yang tertutup oleh karpet.

Tidak hanya itu karpet mobil yang terendam air juga termasuk sulit penanganannya, apabila baru sebulan atau dua bulan kena terendam air bila tidak ditangani dengan tepat akan menimbulkan bau dan terasa lembab.

"Di bawah jok juga bisa dilihat juga di situ, intinya untuk memastikan apakah mobil ini pernah kena banjir atau tsunami dicek secara menyeluruh, kalau ada karat-karat yang hampir di semua area kelihatan, atau menuju ke arah korosi di posisi yang seharusnya nggak kena air nah itu kan berarti mobil pernah kerendam total," pungkas Anjar. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed