Rabu, 28 Nov 2018 16:08 WIB

Cuci Mobil yang Benar biar Bodi Tidak Tergores

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Mencuci mobil jangan sampai salah. Cuci mobil yang salah malah membuat bodi mobil jadi tergores. Alhasil, mobil jadi tidak enak dipandang.

Ade Lesmana Technical Advisor Otogard mengatakan kadang-kadang pemilik mobil melakukan pencucian dengan cara yang salah. Dia menyarankan, cuci mobil menggunakan dua ember, satu ember berisi air sabun, satu lagi berisi air bersih.

"Satu ember air bersih buat ngebilas spons yang kita gunakan untuk mencuci mobil pakai sabun itu," kata Ade kepada detikOto, Selasa (27/11/2018).



Maksudnya, spons setelah dikasih sabun dan dilaburkan ke bodi mobil sebaiknya dibilas dulu di ember satu lagi yang berisi air bersih. Hal itu perlu dilakukan untuk menurunkan pasir-pasir dari bodi yang menempel di spons tersebut.

"Jadi spons (setelah dikasih sabun) yang dilaburkan ke bodi, jangan langsung masukin ke ember berisi sabun lagi, masuknya ke air bersih dulu dibilas dulu, baru masukin ke ember yang ada samponya. Karena itu untuk menurunkan pasir yang menempel di spons tersebut," katanya.



Khawatirnya, kalau spons tersebut langsung dimasukkan ke air sabun kemudian dilaburkan ke bodi lagi, pasir-pasirnya masih menempel. Bodi mobil jadi baret akibatnya.

"Nanti baretnya malah tambah banyak karena pasir-pasirnya ketarik semua ke permukaan bodi mobil. yang yg bahaya. Jadi pakai two bucket langkah baiknya, baik proses penyabunan ataupun proses pengeringan," saran Ade.


Cuci Mobil yang Benar biar Bodi Tidak Tergores
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com