Selasa, 27 Nov 2018 12:42 WIB

4 Cara Mudah Rawat Mobil di Musim Hujan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Cuci mobil. Foto: Thinkstock
Jakarta - Musim hujan mulai melanda Indonesia. Pengendara diminta untuk waspada. Perawatan kendaraan juga perlu diperhatikan di musim hujan ini. Jangan sampai kendaraan malah rusak akibat keasaman air hujan.

Hal yang jangan sampai terlewat adalah perawatan bodi mobil. Otogard melalui akun instagramnya memberikan beberapa tips merawat kendaraan saat musim hujan.

Yang pertama, ketika kendaraan tersiram air hujan sebaiknya segera keringkan. Sebab, air hujan mengandung asam dan garam yang bisa saja menimbulkan jamur dan karat pada lapisan cat.



"Oleh karena itu segera keringkan air hujan yang masih menempel dengan lap microfiber atau chamois," tulis Otogard.

Kedua, saat musim hujan, perhatikan juga bagian terpenting pada mobil. Misalnya area kolong mobil yang biasanya terkontak langsung dengan air hujan dan genangan di jalan. Disarankan segera bersihkan bagian penting tersebut setelah hujan mulai reda.



Ketiga, hujan juga biasanya berpotensi menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap di kabin mobil. Kelembaban ruang kabin mungkin hadir karena cipratan air ketika membuka pintu atau sisa air yang terbawa oleh sepatu atau sandal.

Otogard menyarankan, selalu sediakan alas kaki tambahan dan segera keringkan bila sudah terlanjur basah pada bagian karpet.

Terakhir, kalau mobil tidak digunakan sebaiknya parkir di tempat tertutup. Atau, kalau memarkir di ruang terbuka, tutup mobil pakai cover body. Gunakan cover tahan air.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com