Kamis, 15 Nov 2018 19:31 WIB

Hindari Kecelakaan Tambahan, Ini Tips Jika Terjadi Tabrakan di Tol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tabrakan beruntun. Foto: Matius Alfons-detikcom Tabrakan beruntun. Foto: Matius Alfons-detikcom
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas di jalan tol kerap kali terjadi. Kadang-kadang, tabrakan beruntun di jalan bebas hambatan tidak terhindarkan. Makanya sering disarankan agar pengendara tetap menjaga jarak dan kecepatan di jalan tol.

Meski begitu, masih banyak potensi tabrakan beruntun di jalan tol. Sering kali tabrakan beruntun juga menimbulkan kecelakaan tambahan.



Misalnya, ketika terjadi tabrakan beruntun, pengendara keluar dari mobil dan tidak menepi. Pengendara yang keluar itu bisa saja tertabrak dari belakang oleh kendaraan lain yang kehilangan kendali atau baru menyadari adanya kecelakaan.

Untuk menghindari itu, Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memberikan beberapa tipisnya. Untuk mengantisipasi kecelakaan selanjutnya setelah terlibat tabrakan, pengendara harus melihat situasi sekitar.

"Periksa kondisi lalu lintas belakang. Jika aman, segera keluar dengan hati-hati dan tinggalkan kendaraan Anda," kata Jusri melalui pesan singkat kepada detikOto, Kamis (15/11/2018).



Keluar dari kendaraan sebaiknya segera menuju tempat yang aman. Jusri menyarankan, segera menepi ke baju jalan.

"Segera menyebrang ke sisi samping seaman mungkin. Selesaikan segala sesuatu di area safe zone (zona aman)," kata Jusri.

"Jangan lupa begitu perlambatan mendadak hingga berhenti lampu hazards harus dihidupkan. Ingat, pengendara lain bisa saja tidak mampu mengendalikan kendaraanya dan membuat kecelakaan berikut," sambungnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed