Minggu, 09 Sep 2018 14:24 WIB

Tips Berkendara Jarak Jauh Agar Kecelakaan di Sukabumi Tak Terulang

Rizki Pratama - detikOto
Kecelakaan bus masuk jurang di Sukabumi. Foto: Syahdan Alamsyah Kecelakaan bus masuk jurang di Sukabumi. Foto: Syahdan Alamsyah
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas bukanlah hal yang dapat diduga dalam perjalanan. Banyak faktor yang mungkin di luar kuasa kendali pengemudi dan penumpang yang berakibat pada kerugian yang besar secara materi sampai nyawa. Namun sebagai penumpang dan pengemudi tentu perlu waspada dan mempersiapkan segala hal sebelum melakukan perjalanan.

Jangan sampai kecelakaan bus maut di Cikidang, Sukabumi yang mengakibatkan 21 penumpang tewas dan 17 orang mengalami luka berat terulang. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan jauh Otolovers mempelajari hal berikut seperti disampaikan Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto.

1. Kenali Rute

Pengemudi idealnya mengenali rute dan medan sebelum keberangkatan, mulai dari berbicara atau berdiskusi dengan sesama rekan pengemudi atau dengan manajemen operasional perusahaan.

2. Waktu Berkendara

Hindari jalan malam untuk memaksimalkan pandangan terhadap jalan. Jika keadaan tidak mendesak usahakan berkendara pada waktu siang hari.

3. Belajar Menggunakan Peta Digital

Di jaman teknologi maju seperti sekarang ini pengemudi dapat mempelajari karakter perjalanan melalui peta digital. Hampir semua telepon selular yang dijual di pasaran kini telah dilengkapi dengan fitur peta digital dengan harga yang terjangkau sekalipun.

4. Periksa Kondisi Kendaraan

Memaksimalkan pengecekan kendaraan untuk memastikan bus laik jalan. Hal ini tentunya tidak untuk kendaraan umum saja. Otoloverz sebaiknya selalu memperhatikan kendaraan jika ingin melakukan perjalana. jangan paksakan berkendara jika tidak memungkinkan atau berpotensi mengganggu kenyamanan dan keaamanan perjalanan anda

5. Gunakan Perlengkapan Keselamatan

Memberikan rasa aman kepada penumpang melalui brief atau mengingatkan penumpang untuk tetap di tempat juga perlu diingatkan oleh supir. Saat ini beberapa bus modern juga sudah dilengkapi dengan fitur sabuk pengaman.

6. Jaga Kecepatan

Menjaga kecepatan saat memasuki daerah-daerah yang tidak dikenal dan mengajak bantuan kenek untuk komunikasi soal situasi jalan. Menggunakan kecepatan renda pada saat ini akan memberikan waktu bagi pengemudi untuk mengambil keputusan yang tepat jika dihadapkan pada situasi yang tidak terduga.

7. Gunakan Transmisi yang Tepat

Tau pergerakan transmisi mana yang harus digunakan baik saat sedang naik maupun turun yaitu dengan memaksimalkan gigi rendah. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed