Minggu, 22 Jul 2018 13:22 WIB

Tips dari Daihatsu Biar Kejadian Mobil Terbakar Tak Terulang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mobil Neno terbakar (ist) Foto: Mobil Neno terbakar (ist)
Jakarta - Mobil Neno Warisman terbakar di depan rumahnya di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Mobil Daihatsu Xenia itu terbakar karena korsleting.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, memberikan tips agar kejadian mobil terbakar tidak terulang lagi. Yang pasti, pemilik mobil harus memperhatikan kondisi kelistrikan mobilnya.

"Pastinya terkait kelistrikan di mobil, pastikan kondisi sambungan-sambungannya telah terpasang/terkunci dengan sempurna," saran Anjar menjelaskan kepada detikOto.



Sebab, kata Anjar, kalau kondisi kabel atau klem pada kepala aki tidak menempel/mengunci dengan sempurna, dimungkinkan timbulnya percikan api. Alhasil, percikan api itu bisa memicu kebakaran.

Dia menjelaskan, walaupun kondisi mesin mati, dimungkinkan mobil mengalami korsleting. Karena, sumber listrik mobil dari aki dan tidak sepenuhnya fungsi aki terputus.

"Contohnya pas kita pasang aki, itu kan kondisi mesin juga mati. Tapi pas kita sambungkan kabelnya ke kepala aki, pas didekatkan ke terminalnya bisa terjadi sedikit percikan api, tapi setelah tersambung/terpasang sempurna, tidak timbul kembali," jelasnya.



Menurutnya, mobil terbakar juga bisa dipicu oleh tambahan aksesori yang terkait dengan kelistrikan. Pemasangan sistem kelistrikan yang tidak benar membuat kendaraan bisa mengalami korsleting sehingga ujung-ujungnya bisa terbakar.

"Seandainya mau memasang tambahan aksesori yang terkait kelistrikan, percayakan ke bengkel resmi ataupun tempat-tempat pemasangan yang memang sudah terpercaya/teruji kualitasnya," sebut Anjar. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed