Sabtu, 21 Jul 2018 13:00 WIB

Tips Simpel Merawat AC Kendaraan dari Rifat Sungkar

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rifat Sungkar Foto: Khairul Imam Ghozali Rifat Sungkar Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Setiap mobil memiliki set up yang berbeda-beda untuk melakukan perawatan terhadap AC. Rifat Sungkar membagikan sedikit tips simpel untuk merawat AC mobil agar tetap bekerja dengan baik dan memberikan kenyamanan kepada Anda, khususnya saat berkendara di
bawah terik matahari.

"Satu hal yang pasti, jangan menyemprotkan minyak wangi ke AC. Oke untuk saat itu jadi harum, tapi setelahnya akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan jamur itulah yang justru akan menimbulkan bau tidak sedap di kabin mobil Anda," terang Rifat Sungkar yang juga menjadi brand ambassador detikOto untuk keselamatan berkendara ini.



Kemudian, satu tips lagi yang dapat Anda lakukan adalah untuk selalu memperhatikan evaporator AC pada saat mencuci mobil.

"Ingat untuk selalu memperhatikan evaporator AC kendaraan Anda yang bentuknya mirip seperti radiator. Ini perlu dibersihkan secara menyeluruh, karena semakin bersih, udara yang disaring akan menyebabkan kabin menjadi semakin dingin dan tentu saja kenyamanan akan Anda dapatkan," ujarnya.



Namun jika hal tersebut sudah Anda lakukan namun AC terasa belum bekerja secara maksimal, jangan mencoba-coba dan melakukan kesalahan fatal.

"Lebih baik Anda langsung bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan terhadap sistem AC kendaraan tersebut," pungkas Rifat. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed