Senin, 11 Jun 2018 10:52 WIB

Sebelum Lintasi Tol Fungsional, Nih Tipsnya Biar Tetap Aman

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Tol Fungsional Jembatan Kenteng (Dok KSP) Foto: Tol Fungsional Jembatan Kenteng (Dok KSP)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Untuk menunjang kelancaran arus mudik 2018, seluruh jalan yang layak digunakan mulai difungsikan walaupun belum rampung 100 persen.

Jalanan-jalanan tersebut memang belum sepenuhnya rampung, namun sudah dibuat sedemikian rupa dengan aspal sementara agar pemudik bisa melintas. Meski begitu, kita tetap harus tetap waspada saat melintas di jalan tersebut.



Sebelum Otolovers pergi mudik dan hendak melintasi tol fungsional, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips ini agar perjalanan mudik tetap aman dan nyaman.

"Siapkan diri kita kalau lelah atau ngantuk lebih baik cari rest area dan berhenti pada lokasi yang tidak mengganggu pengguna jalan lain," jelas Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chrysnanda Dwilaksana, Senin (11/6/2018).

Chrysnanda juga menambahkan agar para pemudik memastikan kondisi mobilnya benar-benar baik. Karena ini juga bisa menimbulkan kemacetan.


"Siapkan kondisi kendaraan kita. Karena tatkala terjadi kerusakan kemacetan akan berdampak panjang," sambungnya.

Otolovers juga disarankan jangan tergoda akan jalanan yang lengang. Biasanya jalan lengang membuat kita terpacu untuk menggeber gas. "Manage kecepatan jangan buru-buru atau terpancing emosi atau malah kebut-kebutan apalagi ugal-ugalan karena bisa berdampak fatal bagi kita maupun orang lain," tambah dia.

Ia pun tak lupa mengingatkan agar para pemudik tetap mematuhi aturan yang ada di jalan serta arahan dari pihak kepolisian.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed