Minggu, 10 Jun 2018 21:19 WIB

Trik Mengurangi Suara Deru Angin Saat Jendela Mobil Dibuka

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Terkadang saat merasa kedinginan di dalam mobil, salah satu langkah yang biasa dilakukan pengendara mobil adalah mematikan AC dan membuka sedikit kaca jendela agar tetap mendapat angin.

Tetapi saat sedang membuka jendela terlebih mobil dipacu dalam kecepatan tinggi, pasti terdengar suara angin berderu yang cukup menjengkelkan telinga.

Suara angin itu muncul akibat Resonansi Helmholtz. Konsepnya sama seperti saat Otolovers meniup angin ke botol kosong. Udara yang lewat di lubang permukaan botol dalam hal ini mirip dengan kejadian di mobil, menciptakan gelombang tekanan pusaran angin di sekitar kabin dan terdengar telinga seperti sebuah suara.

Hal ini dialami oleh semua mobil. Namun semakin modern sebuah mobil, suara deru bising dari angin semakin parah. Itu disebabkan karena setiap pabrikan meningkatkan aerodinamis mobil. Artinya angin lebih mudah melewati mobil apalagi saat kecepatan tinggi.

Fenomena lebih parah terjadi jika hanya kaca belakang saja yang dibuka.

Nah sebenarnya ada cara untuk mengurangi suara tersebut. Mengutip, The Sun, Minggu (10/6/2018), caranya adalah dengan membuka kaca jendela mobil yang lain atau malah menurunkan semua kaca mobil.

Dengan menambah volume udara yang masuk ke mobil, angin dapat berputar lebih pelan di dalam kabin sehingga tak menimbulkan suara bising.

Namun, satu-satunya cara untuk menghilangkan suara angin itu adalah dengan tidak membuka jendela sama sekali dan menyalakan AC mobil. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed