Rabu, 09 Mei 2018 10:18 WIB

Safety Belt Itu Harus Dipakai, Bukan Pajangan!

Dina Rayanti - detikOto
Sabuk pengaman. Foto: Istimewa Sabuk pengaman. Foto: Istimewa
Tangerang - Setiap mobil pastinya telah dilengkapi dengan berbagai perangkat keselamatan. Perangkat keselamatan itu bukanlah cuma-cuma, memang disiapkan agar para pengendara dan penumpang selamat selama di jalan.

Namun masih ada saja yang mengabaikan dan justru enggan menggunakannya. Misalnya saja seperti sabuk pengaman. Memang tak menjamin keselamatan namun setidaknya bisa melindungi orang di dalamnya.



"Mobil bukan hanya sebagai alat transportasi yang bisa membawa kita dari satu titik ke titik lain, tapi alat transportasi juga sudah dilengkapi peranti keselamatan seperti nomor satu safety belt yang mesti dipakai, bukan pajangan," kata pebalap Rifat Sungkar di ICE BSD, Tangerang.

Selain sabuk pengaman ada juga fitur airbag yang saat ini dianggap sebagai salah satu fitur wajib yang ada di mobil Tanah Air.

Namun, kata Rifat, airbag tak begitu saja mengembang ketika terjadi kecelakaan. Mereka yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara dan mengalami kecelakaan, jangan menyalahkan kalau airbag tidak mengembang.



"Airbag adalah bantalan yang bisa menjamin keselamatan kalau safety belt kita pakai dulu. Airbag itu kalau meledak kecepatannya kurang lebih 250 km/jam," jelas Rifat.

"Jadi orang-orang yang nggak selamat dari tabrakan mobil adalah ketika dia tidak pakai safety belt begitu tabrakan ke depan dihajar sama airbag lari 250 km/jam, ya pesek semua mukanya," tutup Rifat. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed