Senin, 09 Apr 2018 20:31 WIB

Sering Lewat Jalan Beton, Umur Ban Jadi Cepat Berkurang

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sering Lewat Jalan Beton, Umur Ban Jadi Cepat Berkurang Foto: Pirelli Sering Lewat Jalan Beton, Umur Ban Jadi Cepat Berkurang Foto: Pirelli
Jakarta - Ban menjadi komponen penting dalam kendaraan bermotor. Karena ban yang kontak langsung ke permukaan jalan. Untuk itu, komponen karet hitam tersebut harus diperhatikan kondisinya. Jangan sampai ban melebihi batas pemakaiannya.



Bambang Hermanuhadi Manager Training Dunlop Indonesia mengatakan, umur ban sebenarnya tidak bisa diukur menggunakan waktu. Umur ban bisa diukur menggunakan total pemakaiannya. Dalam hal ini dihitung menggunakan kilometer yang sudah ditempuh.

"Karena kalau dipakainya pendek bisa lama. Kalau bicara kilometer, ban pada umumnya bisa 70.000-80.000 km. Untuk pemakaian normal sehari 20-30 km, kira-kira pemakaian 3-4 tahun," kata Bambang saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, kemarin.



Meski begitu, kondisi jalan yang sering dilewati juga bisa mempengaruhi umur ban. Misalnya, kendaraan lebih sering melewati jalan beton, maka umur ban semakin pendek.

"Jalan beton itu daya gesek terhadap karet sangat tinggi. Jadi biasanya pakai jalan aspal 70.000-80.000 masuk jalan beton, bisa berkurang lagi. Cuma memang (jalan beton) menghasilakan daya pengereman lebih baik daripada jalan aspal biasa. Karena daya geseknya lebih besar," kata Bambang. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed