Rabu, 04 Apr 2018 08:13 WIB

Pelumas Tidak Memiliki Masa Kedaluwarsa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Proses produksi oli Pertamina Foto: Rangga Rahadiansyah Proses produksi oli Pertamina Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Produsen pelumas PT Pertamina Lubricants mengatakan asal disimpan dalam kondisi yang baik, pelumas tidak akan memiliki masa kedaluwarsa.

Hal ini sekaligus meralat pernyataan Technical Specialist PT Pertamina Lubricants Agung Prabowo yang mengimbau pengendara untuk membeli oli sintetis yang tidak lebih dari 6 bulan dari masa pembuatannya. Saat pemakaiannya juga jangan sampai kendaraan 'nganggur' terlalu lama (ketika oli masih di dalam tubuh mobil atau motor).

Berikut ralat dari Pertamina Lubricants:

Sehubungan dengan artikel detik yang terbit pada tanggal 3 April 2018 dengan judul Gonta-ganti Oli Mesin, Amankah Bagi Kendaraan? Dengan ini kami sampaikan klarifikasi statement dari kami untuk kalimat yang tetera pada paragraf 8 :

"Agung sebelumnya juga mengimbau para pengendara untuk membeli oli sintetis yang tidak lebih dari 6 bulan dari masa pembuatannya. Saat pemakaiannya juga jangan sampai kendaraan 'nganggur' terlalu lama (ketika oli masih di dalam tubuh mobil atau motor)."

Dapat kami sampaikan bahwa klarifikasi dari kami adalah :

Pelumas baru yang belum dipakai bila disimpan dalam kemasan tertutup yang baik, di tempat yang terlindung dari panas matahari, hujan dan dengan posisi yang benar, sebenarnya tidak memiliki masa kedaluwarsa. Namun apabila kemasan, tempat atau posisi penyimpanannya tidak baik, misalnya di lapangan terbuka, maka setelah setahun disimpan pelumas harus dites kandungan kontaminannya sebelum digunakan. Apabila kondisinya bebas dari kontaminasi, maka tetap dapat digunakan.

Dengan ini kami mohon tim detikOto untuk dapat menerima klarifikasi statement dari kami dan berkenan untuk dapat melakukan perubahan pada artikel dimaksud. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed