Selasa, 03 Apr 2018 21:58 WIB

Orang yang Salah Injak Pedal Cenderung Ngegas Terus

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Orang yang Salah Injak Pedal Cenderung Ngegas Terus Foto: Ridho (pasangmata) Orang yang Salah Injak Pedal Cenderung Ngegas Terus Foto: Ridho (pasangmata)
Jakarta - Kasus kecelakaan akibat salah injak pedal sudah banyak. Kesalahan injak pedal mobil kerap melahirkan kecelakaan fatal.



Salah satunya adalah kecelakaan yang baru saja terjadi tadi pagi di Jagakarsa. Pengemudi mobil pikap berniat menginjak pedal rem. Tapi yang diinjak malah pedal gas sehingga menabrak mobil Etios berkelir hitam dan menabrak pilar rumah warga sehingga merubuhkan atap rumah tersebut.

Menurut Instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, orang yang salah injak pedal (niat injak pedal rem tapi malah injak pedal gas) cenderung panik. Mereka malah ngengas terus sampai berakhir menabrak objek tertentu.



"Secara kondisi dia sedang panik dan tidak sempat melakukan recovery seperti angkat kaki dari pedal gas ataupun melakukan pengereman. Kaki seperti dilem ke pedal gas saat panik," kata Andry kepada detikoto, Selasa (3/4/2018).

Untuk itu, pengemudi harus sadar dalam mengoperasikan kendaraan. Pengemudi, kata Andry, juga harus sadar dengan apa yang dia lakukan.



Sementara itu, mengenai kecelakaan di Jagakarsa, menurut Ridho sebagai saksi mata, kronologinya diawali oleh petugas kebersihan yang inisiatif memindahkan mobil pikap yang menghalangi jalan. Namun, petugas itu salah injak pedal, niatnya mau ngerem malah ngegas terus. Mobil pikap yang dikendarai itu kemudian menabrak Etios yang diparkir. Kemudian Etios yang didorong dari belakang oleh pikap yang ngegas terus itu menabrak pilar rumah sehingga atap rumah warga rubuh.

Tak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini. Pemilik rumah, kata Ridho, sedang beraktivitas di dalam rumah. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed