Selasa, 03 Apr 2018 17:54 WIB

Biar Tak Ada Kasus Salah Injak Pedal, Ini yang Harus Dilakukan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Biar Tak Ada Kasus Salah Injak Pedal, Ini yang Harus Dilakukan Foto: Ridho (pasangmata.com/detikcom) Biar Tak Ada Kasus Salah Injak Pedal, Ini yang Harus Dilakukan Foto: Ridho (pasangmata.com/detikcom)
Jakarta - Kasus salah injak pedal mobil masih banyak terjadi. Terakhir, terjadi pagi tadi di mana mobil menyeruduk rumah warga di Jagakarsa lantaran pengemudi mobil pikap salah injak pedal.



Pengemudi mobil pikap tersebut berniat menginjak pedal rem. Tapi yang diinjak malah pedal gas sehingga menabrak mobil Etios berkelir hitam dan menabrak pilar rumah warga sehingga merubuhkan atap rumah tersebut.

Instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, menjelaskan ada beragam alasan mengapa pengemudi salah menginjak pedal. Yang paling sering adalah karena gugup dan kaget.



"Solusi agar tak salah injak pedal, jangan langsung mengemudi. Tapi rasakan dulu feel-nya di balik kemudi," kata Andry kepada detikoto, Selasa (3/4/2018).



Dalam posisi mobil berhenti dan posisi gigi netral, kata Andry, coba rasakan gas dan rem serta kopling (untuk mobil manual). Bersikaplah tenang dan tidak panik.

"Jika ragu minta orang lain yang mengoperasikan kendaraan," sebutnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed