Selasa, 03 Apr 2018 17:14 WIB

Salah Injak Pedal Mobil, Mungkin Ini Penyebabnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Salah Injak Pedal Mobil, Mungkin Ini Penyebabnya Foto: Ridho (pasangmata) Salah Injak Pedal Mobil, Mungkin Ini Penyebabnya Foto: Ridho (pasangmata)
Jakarta - Pagi tadi terdapat kejadian nahas di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sebuah mobil menyeruduk rumah. Disebutkan saksi, kecelakaan dipicu pengendara yang salah menginjak pedal. Mau ngerem, malah ngegas dan berakhir di rumah warga.



Ada beberapa penyebab pemicu salah injak pedal. Menurut instruktur safety driving di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, penyebab pertama adalah pengemudi gugup dan kaget.

"Kemungkinan alasan berikutnya adalah kendaraan yang bukan bawaan sehari-hari," sebut Andry kepada detikOto, Selasa (3/4/2018).



Sopir yang mengendarai kendaraan bukan bawaan sehari-hari cenderung belum mengenal karakter mobil yang dikendarainya. Hal itu bisa memicu kasus kecelakaan akibat salah injak pedal.

"Tidak bawa mobil dalam waktu lama jelas bisa menghilangkan feeling berkendara," sebut Andry.

Kemungkinan selanjutnya, mungkin karena pengemudi kehilangan feeling meski sudah punya pengalaman mengemudi. Faktor lelah juga bisa berkontribusi, kata Andry.



Sementara itu, mengenai kecelakaan di Jagakarsa, menurut Ridho sebagai saksi mata, kronologinya diawali oleh petugas kebersihan yang inisiatif memindahkan mobil pikap yang menghalangi jalan. Namun, petugas itu salah injak pedal, niatnya mau ngerem malah ngegas terus. Mobil pikap yang dikendarai itu kemudian menabrak Etios yang diparkir. Kemudian Etios yang didorong dari belakang oleh pikap yang ngegas terus itu menabrak pilar rumah sehingga atap rumah warga rubuh.

Tak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini. Pemilik rumah, kata Ridho, sedang beraktivitas di dalam rumah. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed