Jumat, 23 Mar 2018 10:16 WIB

Ingat! Jalanan Sepi Bukan Berarti Bisa Balapan atau Ngedrift

Ruly Kurniawan - detikOto
BMW M2 dibawa ngebut di sirkuit Proving Ground Bridgestone. Kalau mau ngebut sebaiknya di sirkuit. Foto: Rangga Rahadiansyah BMW M2 dibawa ngebut di sirkuit Proving Ground Bridgestone. Kalau mau ngebut sebaiknya di sirkuit. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Seperti syair salah satu lagu Rhoma Irama, masa muda memang merupakan waktu yang menyenangkan dan penuh semangat (berapi-api). Tapi bukan berarti semangat ngebejek gas mobil di jalanan umum lho, Otolovers. Sudah banyak contoh kecelakaan yang terjadi karena prilaku tersebut meski dilakukan di jalanan sepi.

Ketika berbincang bersama beberapa wartawan, Driving Instructor BMW Gerry Nasution, mengatakan masih cukup banyak yang melakukan balapan di jalanan umum. Oleh karenanya, sekali lagi dirinya mengingatkan agar jangan melakukan hal tersebut meski jalanan sepi.



"Pada saat kita menggunakan jalanan umum selalu sadari bahwa yang menggunakan jalan itu bukan hanya kita, ada orang lain di situ. Entah pengendara motor, mobil, pejalan kaki, orang naik bajaj, dan lain sebagainya," ujar pria yang kemampuannya sudah diakui oleh BMW Jerman ini.

"Jalanan umum itu fungsinya untuk orang banyak, bukan kepentingan pribadi seperti ngedrift dan balap. Jadi kita harus memikirkan pengguna jalan lainnya. Kalau jalannya sepi pun, kita harus aware bahwa bagaimana kalau ada motor yang tiba-tiba keluar dari gang, ada pejalan kaki, dan lainnya. Yang anak muda terutama, mungkin tidak sejauh itu memikirkannya. Hanya seru-seruan saja," lanjut Gerry.



Bila memang ingin menunaikan aktivitas tersebut, tambah pria berkacamata ini, bisa langsung ke tempat seharusnya, sirkuit. Maka, kalau ingin menggunakan jalan umum harap dipikirkan lebih jauh lagi ya, Otolovers.

"Coba dipikirkan itu. Kita buat image bahwa kita bukan pengendara yang mahir saja, tapi juga pengendara yang aware dengan menggunakan jalanan umum," tutup Gerry. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com