Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 11 Desember 2017, 13:42 WIB

Drive With Rifat

Fitur Canggih Ini Bisa Hindarkan Bahaya di Parkiran Mobil

Rifat Sungkar - detikOto
Fitur Canggih Ini Bisa Hindarkan Bahaya di Parkiran Mobil Foto: Mitsubishi
Jakarta - Di mobil-mobil keluaran baru, terdapat dua teknologi untuk meningkatkan tingkat keselamatan yang dinamakan ultrasonic misacceleration mitigation system dan forward collision mitigation system.

Jika sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai forward collision mitigation system, kali ini saya ingin membeberkan mengenai ultrasonic misacceleration mitigation system.

Sistem kerjanya tak jauh berbeda dengan forward collision mitigation system. Jika forward collision berfungsi pada saat mobil dalam keadaan bergerak, ultrasonic misacceleration berguna pada saat kendaraan berada di tengah-tengah kemacetan atau di tempat parkir.

Forward collision itu akan mendeteksi bahaya jika kita sedang berada di jalanan, kalau misacceleration sedikit berbeda. Misalnya jika kita tidak sengaja menginjak pedal gas, di mobil-mobil keluaran lama sebelum teknologi ini diterapkan, mobil akan melaju tak terkendali dan membahayakan apa yang ada di sekitar. Dengan metode misacceleration ini, sensor bisa mendeteksi jika ada bahaya, seperti benda-benda atau apapun yang mengganggu, maka sensor akan secara otomatis memutuskan gas.

Dengan kata lain, misacceleration mitigation system ini berfungsi untuk memutus tali akselerasi ketika mobil pada titik yang seharusnya tidak boleh melaju. Pada prinsipnya, semua driver assist ini memiliki fungsi yang sama, yaitu meningkatkan tingkat keselamatan di jalan bagi banyak pihak, tak hanya pengemudi, namun juga bagi pejalan kaki, orang-orang di sekitar, pengendara lain, ataupun bagi keselamatan kendaraannya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed