Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Desember 2017, 14:40 WIB

Drive With Rifat

Mobil Zaman Now Bisa Ngerem Otomatis, Ini Penjelasan Rifat Sungkar

Rifat Sungkar - detikOto
Mobil Zaman Now Bisa Ngerem Otomatis, Ini Penjelasan Rifat Sungkar Foto: Carscoops
Jakarta - Mobil zaman now kian canggih, aneka fitur keselamatan disematkan. Salah satunya adalah forward collision mitigation system. Sistem ini adalah teknologi mutakhir yang sangat berguna untukmeningkatkan tingkat keamanan dalam sebuah mobil.

Pada prinsipnya, forward collision mitigation system mirip dengan lane departure warning system ataupun juga blind spot warning. Namun forward collision mitigation system cara kerjanya adalah menggunakan radar atau sensor yang berada di bagian depan mobil, bukan di samping.

Seringkali, problem kecelakaan lalu lintas itu biasa terjadi karena dua hal. Pertama, pengemudi kurang peka terhadap keadaan sekitar, kedua, pengemudi
tersebut mungkin bereaksi jauh lebih lambat dari yang seharusnya.

Sistem forward collision mitigation system ini sangat membantu sekali untuk memberikan reaksi bagi kendaraan untuk melakukan pengereman atau pengurangan
kecepatan ketika radar mendeteksi adanya bahaya di depan.

Misalnya saja kita berada di kecepatan rendah, dan tiba-tiba ada pejalan kaki lewat di depan entah dari mana datangnya, forward collision mitigation system akan melakukan pengereman secara otomatis.

Jika kita berada di kecepatan tinggi, forward collision mitigation system ini juga punya sensor yang bisa membaca jika di depan kita, beberapa mobil melakukan pengereman mendadak, maka dia akan melakukan pemutusan akselerasi sekaligus melakukan pengereman dengan sendirinya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +