Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 13 Oktober 2017, 10:47 WIB

Mesin Diesel Diisi Bensin, Bagaimana Dampaknya?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mesin Diesel Diisi Bensin, Bagaimana Dampaknya? Ilustrasi SPBU (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Meskipun jarang terjadi, tak dapat dimungkiri bahwa mobil berbahan bakar diesel diisi bahan bakar jenis bensin. Nah, bila sudah terjadi seperti ini, apa dampaknya?

After Sales Service Division Head Astra Isuzu, Heri Wasesa, mengatakan mobil pasti akan mengalami kerusakan pada mesin. Karena, sistem pembakaran pada mesin diesel berbeda dengan kendaraan bensin.

"Sistem Internal Combusion Chamber atau pembakaran bensin dan diesel kan berbeda. Kalau di diesel menggunakan tekanan kompresi sedangkan bensin mengandalkan busi. Dari sini sudah jelas berbeda," ujar Heri kepada wartawan di Jakarta.

Ia menambahkan, dikarenakan mesin bensin mudah terbakar sehingga apabila bensin masuk mesin diesel maka knocking-nya akan terasa.

"Karena tekanan kompresinya berbeda, maka bahan bakar bensin akan meledak duluan sebelum kompresinya merangsang. Nah karena hal ini paling terasa knocking-nya," kata Heri.

"Efek awalnya, mesin akan sulit dinyalakan. Kalaupun bisa menyala ia akan menggunakan sisa BBM diesel di mesin dan kondisinya bakal brebet dan bisa-bisa mesin akan mati," tambahnya.

Heri juga memaparkan, pada BBM diesel bahan bakar tak hanya untuk pembakaran, namun juga sebagai pelumas (lubricant). Sehingga, bila hal tersebut terjadi akan sangat memungkinkan merusak injeksi dan merambah ke bagian mesin mobil. (ddn/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed