Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 03 Oktober 2017, 16:52 WIB

Drive With Rifat

Kata Rifat Sungkar Soal Electronic Brake Distribution

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Kata Rifat Sungkar Soal Electronic Brake Distribution Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Setelah sebelumnya telah berbicara mengenai teknologi brake assist, Rifat Sungkar kembali memberikan penjelasan terkait teknologi pengereman yang memiliki beberapa faktor pendukung. Kali ini, Rifat menjelaskan mengenai pentingnya teknologi electronic brake distribution (EBD).

"Kalau kita membahas EBD, tentu hal ini masih berhubungan dengan sistem ABS yang telah kita bicarakan sebelumnya karena keduanya memiliki keterkaitan. Masing-masing memiliki peran penting dalam sistem pengereman sebuah mobil," ungkap Rifat.

Menurut Rifat, EBD merupakan sebuah sistem elektronik yang memiliki tugas untuk mendistribusikan tingkat kepakeman rem pada ban yang membutuhkan tenaga rem, tergantung dari keadaan sebuah mobil pada saat berakselerasi.

"Maksud dan konsep kerjanya seperti ini, ketika kita rem mendadak, posisi mobil otomatis akan menukik. Tenaga rem pun lebih banyak berada pada bagian depan mobil," ujar Rifat.

"Ketika kita melakukan manuver seperti belok ke kanan, berarti tumpuan mobil terletak di sebelah kiri. Pada saat inilah EBD akan melakukan perannya dengan bekerjasama dengan sistem ABS. Secara otomatis, EBD akan mendistribusikan tenaga pengereman tersebut ke ban depan sebelah kiri sehingga proses pengereman menjadi lebih efektif, terasa aman dan nyaman, serta menyesuaikan sistem elektroniknya untuk mengarah ke titik ban yang paling membutuhkan rem tersebut," ujarnya. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed