Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 26 September 2017, 13:37 WIB

Drive With Rifat

Pentingnya Teknologi Brake Assist di Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Pentingnya Teknologi Brake Assist di Mobil Foto: Porsche
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Mobil-mobil masa kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang berguna untuk membantu para pengemudi dalam berkendara. Salah satu yang menjadi sorotan pebalap nasional Rifat Sungkar adalah mengenai sebuah teknologi pengereman yang menjadi salah satu fitur penting.

"Saat ini, mungkin sebagian dari kita belum terlalu memahami apa yang disebut brake assist. Para pemilik mobil harus mengetahui pentingnya hal ini, sehingga mereka dapat mengerti manfaat serta alasan mengapa sistem keselamatan ini diaplikasikan ke dalam sebuah mobil," ungkap Rifat.

"Brake assist adalah suatu sistem yang membantu tingkat akurasi dari reaksi pedal rem yang kita injak sehingga memiliki respons yang lebih cepat dan sesuai dengan perintah yang kita minta," tambah Rifat.

Menurut Rifat, salah satu kerja brake assist yang mudah dirasakan adalah saat kita melakukan rem mendadak. Dengan brake assist ini, rem terasa menjadi lebih empuk serta tenaga yang tersalurkan itu sesuai dengan perintah yang diminta tanpa adanya delay sama sekali.

Lebih lanjut lagi, kerja dari sistem brake assist ini dibantu dengan adanya anti-lock braking system (ABS).

"Sementara untuk menjelaskan ABS, saya mencoba menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Misalnya ketika pedal rem diinjak yang diharuskan karena alasan tertentu seperti ada rintangan, pada saat itu pula ABS berperan untuk mencegah ban selip atau terkunci. Gampangnya, kita masih bisa melakukan manuver pada saat ban selip, sehingga ban tersebut tetap mendapatkan traksi. Hal ini terjadi karena ABS memiliki sensor tersendiri yang dapat mengetahui apa yang dibutuhkan saat pengereman dilakukan dan proses tersebut berlangsung dengan sangat cepat. Makanya, ketika sistem ABS tengah bekerja, pedal rem akan terasa bergetar, jadi saya imbau jangan takut karena memang pergetaran itu menandakan bahwa
sistem ABS tengah bekerja," pungkas Rifat. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +