Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 30 September 2017, 07:41 WIB

Jangan Salah, Begini Cara Memegang Setir yang Benar

Dina Rayanti - detikOto
Jangan Salah, Begini Cara Memegang Setir yang Benar Foto: Newspress
Jakarta - Memegang setir dengan baik dan benar merupakan salah satu hal penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat sedang mengendarai kendaraan. Mungkin banyak pengendara yang menyepelekan dari cara memegang setir ternyata bisa berpengaruh terhadap kecelakaan.

Pengendara yang memegang setir sesuai dengan petunjuk yang benar lebih sedikit mengalami kecelakaan dan mobil juga lebih efisien. Bukan hanya memegang setir dengan benar saja namun juga postur dan posisi badan juga harus benar. Berikut tips cara memegang setir dengan benar yang detikOto kutip dari Driving-tests.org, Sabtu (30/9/2017).

1. Setelah duduk di dalam mobil, cari posisi yang paling nyaman. Cari semua setingan di kursi mulai dari headrest, kursi, kaca spion disesuaikan dengan ketinggian, dan juga menyesuaikan ketinggian setir.

Setelah merasa benar-benar nyaman pastikan juga anda bisa melihat spion samping kanan kiri dan spion tengah bisa melihat pandangan di belakang untuk menghindari black spot.

2. Teknik memegang setir yang benar disarankan adalah seperti arah jam 9 dan jam 3. Posisi tangan kiri berada di arah jam 9 sementara tangan kanan di arah jam 3. Posisi tersebut dianggap yang paling fleksibel dibanding posisi arah jam 10 dan jam 2.

Posisi jam 10 dan jam 2 tak lagi disarankan karena bisa berbahaya bagi pengendara yang memiliki setir mobil berukuran kecil dilengkapi dengan airbag. Posisi jam 9 dan jam 3 menjaga tangan si pengendara agar tetap pada posisi yang benar dan mudah untuk mengendalikan setir.

3. Saat sedang menyetir, pastikan kedua tangan tetap pada posisi memegang setir ya Otolovers!Itu agar lebih aman saat memutar setir ketika ingin berbelok dan juga memutar balik. Contohnya saat ingin berbelok ke kanan anda sebaiknya mengoper setir searah jarum jam ke kanan bukan memutar tangan kiri kemudian dilanjutkan tangan kanan dan seterusnya.

Berbelok dengan menggunakan satu tangan juga sangat tidak sarankan. Metode dorong dan tarik merupakan yang paling disarankan.

Posisi tangan di setir sangat penting untuk keamanan saat anda berkendara. Ingat posisi tangan di arah jam 9 dan jam 3. Juga jangan menyetir dengan sebelah tangan, sentuhan jari, atau lebih parah menggunakan lutut. Saat berbelok pakai metode dorong dan tarik. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +